• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Pola Makan Untuk Hidup Sehat

Jumat, 17 Desember 2010 03:53 WIB
7467

Setiap orang selalu menginginkan agar dapat hidup sehat. Berikut beberapa tips yang harus diikuti supaya keinginan hidup sehat tersebut dapat dicapai:

  1. Hindari makanan dengan kandungan lemak yang tinggi seperti minyak, mentega, margarine, dan santan, karena bisa membuat badan menjadi melar dan lemak menggelambir dimana-mana. Sebenarnya dengan pola menu seimbang, asupan lemak sudah tercukupi lewat lemak alami yang terdapat di dalam kacang-kacangan atau biji-bijian.
  2. Hindari bahan pangan atau makanan yang berpengawet. Jika terpaksa membeli bahan makanan dalam kemasan, pilihlah yang jelas mencantumkan ‘Tanpa Bahan Pengawet”, karena zat pengawet bisa menjadi pemicu kanker.
  3. Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami. Banyak orang, terutama anak-anak selalu memilih makanan yang berwarna karena lebih menarik. Segera tinggalkan kebiasaan tersebut, mulailah memilih makanan atau minuman tanpa bahan pewarna additive, kecuali warna alami dari bahan makanan into sendiri, seperti coklat dari bubuk coklat, merah dari strawberi, hijau dari daun suji, dan lain-lain. Seperti saat membeli bahan pudding, pilihlah yang berwarna putih, kerupuk juga tanpa pewarna tambahan.semua bisa mencegah kemungkinan risiko kanker karena pewarna tersebut.
  4. Jangan menambahkan saus, kecap, garam, dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan, jika memungkinkan, sebaiknya dihindari saja. Senyawa monosodium glutamat yang terdapat di dalam bumbu penyedap hanya memanjakan lidah namun tidak baik untuk kesehatan.
  5. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Vitamin, air, mineral, zat fitonutrien, antioksidan, dan serat banyak terkandung didalam buah dan sayuran. Fungsinya selain membuat badan menjadi sehat dan bugar, kita juga terbebas dari risiko berbagai penyakit. Kanker misalnya, dapat dicegah karena kebanyakan sayur dan buah mengandung serat yang dapat mengikat zat karsinogen penyebab kanker pencernaan. Tetapi hindari durian karena mengandung gas dan lemak yang tinggi dan emping yang mengandung purin pencetus asam urat. Jangan lupa untuk mencuci bersih sayuran dan buah sebelum di konsumsi untuk menghindari kontaminasi bakteri dan residu pestisida.
  6. Hindari jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam, dan kuning telur. Bahan-bahan ini merupakan sumber lemak penyebab obesitas dan gangguan kardiovaskular. Jadi sebaiknya pilih daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik.
  7. Tehnik pengelolaan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan yang dimasak dengan cara dikukus, rebus, atau tumis dengan sedikit minyak. Makanan yang disiapkan dengan cara digoreng, dipanggang, atau dibakar kurang disarankan, selain mengandung lemak, cara memasak ini juga merusak nilai gizi makanan karena panas yang tinggi. Makanan yang dibakar seperti sate, dapat memicu timbulnya kanker, terutama yang dimasak samapi gosong.
  8. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas atau minimal 2 liter perhari. Hindari minuman beralkohol, bersoda, dan minuman dengan kandungan gula serta kafein tinggi. Jus sayuran dan buah juga baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Masih ingin hidup sehat?, ikuti tips-tips diatas... selamat mencoba

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih