• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Wanita Waspada HIV AIDS

Wanita Waspada HIV AIDS

Sabtu, 03 Desember 2011 21:42 WIB
8928

Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia, dimana saat itu sering dianggap tepat sebagai sebagai momen untuk meningkatkan kewaspadaan dan langkah pencegahan terhadap penyakit yang semakin banyak merenggut nyawa manusia ini.

Sebagai kaum yang sering menjadi pihak korban dari HIV-AIDS ini, kaum wanita sangat perlu memberdayakan dirinya agar bisa terhindar dari infeksi HIV-AIDS. Dari sebuah penelitian diketahui bahwa penderita HIV-AIDS berasal dari perempuan dengan pasangan heteroseksual, yang pasangannya tak setia dan memiliki perilaku seksual menyimpang yang di luar rumah, sayangnya lagi kesadaran masyarakat masih rendah untuk hal ini sehingga makin meningkatkan jumlah penderitanya.

Untuk itu dengan meningkatkan kewaspadaan wanita terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh HIV-AIDS dengan cara meningkatkan pengetahuan mengenai berbagai hal terkait HIV-AIDS, mulai dari penyebab penularan, bagaimana mencegahnya, sampai hal apa yang harus dilakukan saat terdeteksi terinfeksi virus ini, diyakini akan dapat mengurangi laju pertumbuhan jumlah penderita HIV-AIDS.

Kesehatan reproduksi wanita sendiri merupakan sasaran awal dari upaya peningkatan pengetahuan ini, misalnya saat mereka di serang oleh keputihan yang tidak biasa seperti jumlahnya yang berlebihan dan berbau, ini merupakan tanda awal yang perlu diperhatikan, apalagi bila mengalami penyakit-penyakit lain di daerah kelamin, mereka perlu diberitahu untuk segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat.

Hal lain yang perlu disampaikan kepada wanita untuk meningkatkan kewaspadaan mereka adalah dengan meningkatkan kemauan dan kemampuan mereka untuk saling terbuka dengan pasangan resmi mereka, hal ini dapat mendeteksi secara dini bila terdapat penyakit-penyakit tertentu termasuk HIV-AIDS.

HIV-AIDS tidak hanya menjangkiti orang-orang dengan perilaku menyimpang, baik secara seksual maupun penyimpangan penggunaan obat-obatan/narkoba. Siapa pun bisa terinfeksi HIV-AIDS, bahkan perempuan yang berusaha setia namun memiliki pasangan yang tidak setia. Hal yang pasti agar terhindar dari risiko terjangkit virus HIV-AIDS adalah selalu setia kepada pasangan resmi, bersikap saling menghargai, terbuka membicarakan semua masalah dengan cara lebih bijak, dan selalu mendekatkan diri pada Allah SWT.

Pencegahan lebih baik daripada mengobati, selalu. Terlalu banyak hal yang dikorbankan saat terdeteksi HIV-AIDS.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih