• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Rangsang Anak Berkomunikasi Sejak Dini

Rangsang Anak Berkomunikasi Sejak Dini

Sabtu, 22 Januari 2011 14:15 WIB
8084

Setiap bayi akan mengalami perkembangan bahasa dan kemampuan bicaranya dari hari ke hari, tetapi pastinya tiap anak tidak sama persis pencapaiannya, ada yang cepat berbicara ada pula yang membutuhkan waktu agak lama. Untuk membantu perkembangannya, orangtua dapat memberikan stimulasi yang disesuaikan dengan usia dan keunikan masing-masing anak.

Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk merangsang kemampuan bayi untuk berkomunikasi sejak dini:

  1. Usia bayi 0-2 bulan. Walaupun bayi belum sepenuhnya mengerti, tetapi sebauknya orangtua harus sering mengajak mereka berkomunikasi pada segala suasana, pada saat memandikan, menidurkan, menyusui, memakaikan baju. Berbicaralah dengan intonasi yang lembut, dan jangan mengabaikan tangisannya, karena itulah cara mereka berkomunikasi untuk yang pertama kalinya.
  2. Usia 2-6 bulan. Pada masa usia ini, sering-seringlah mengajak mereka berbicara dengan menggunakan intonasi yang berbeda-beda, dan juga ekspresi wajah yang menyenangkan. Ajaklah mereka menyanyikan lagu-lagu yang berirama riang dan lakukanlah berulang-ulang, dan jangan lupa untuk mengajak mereka bercanda.
  3. Usia 6-12 bulan. Sebaiknya orangtua berbicara dengan kata-kata yang sederhana dengan intonasi dan pengucapan yang jelas, karena kelak mereka akan menirukannya. Berbicaralah sambil diikuti gerakan, agar mereka lebih mudah memahami arti kata dan hubungannya. Kenalkan pula mereka dengan berbagai macam suara,seperti suara binatang, pesawat, mobil, dan lain sebagainya.
  4. Usia 12-18 bulan. Pada tahap usia ini mulai berikan pilihan kepada anak, misalkan dengan menawarkan warna baju yang ingin dipakai, pilihan makanan yang diinginkan. Jangan lupa untuk mengajak mereka membaca, bacakan buku cerita sederhana yang mempunyai banyak gambar dan warna-warna yang cerah, sambil mengajak mereka bermain peran. Hal-hal tersebut selain dapat menstimulasi anak, tentunya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan antara orangtua dan anak.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih