• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Olahraga untuk Penderita Sakit Jantung

Olahraga untuk Penderita Sakit Jantung

Selasa, 02 September 2014 22:28 WIB
7262

Banyak yang berpikir bahwa orang yang mempunyai riwayat sakit jantung tidak boleh melakukan olahraga, padahal justru sebaliknya, olahraga dibutuhkan oleh penderita penyakit ini karena dapat membantu menstabilkan kerja jantung.

Yang perlu diketahui tentang prinsip olahraga untuk penderita sakit jantung adalah gerakan-gerakan olahraga yang tidak mengeluarkan banyak tenaga, sebagai salah satu contohnya adalah jalan kaki. Jalan kaki adalah olahraga yang bisa digunakan untuk mengontrol tekanan darah pada jantung sehingga memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Intensitas jalan kaki yang cenderung mempunyai kecepatan yang teratur, tidak akan membuat jantung bekerja keras, malah sebaliknya itu akan meningkatkan aktivitas jantung yang dulunya sudah mengalami penurunan.

Olahraga lainnya adalah aerobik. Olahraga ini akan membantu memperkuat otot-otot yang ada pada jantung. Faktor tersebut dapat membuat jantung bisa beraktivitas secara maksimal. Selain itu, tenaga yang dikeluarkan untuk melakukan olahraga ini juga cukup sedikit, sehingga tidak akan membuat jantung  lelah bekerja dan tetap dalam keadaan stabil.

Gerakan-gerakan olahraga yang sangat bermanfaat kesehatan jantung lainnya adalah senam jantung. Senam yang bertujuan untuk memperoleh jantung yang sehat ini sebenarnya memiliki beberapa fungsi, untuk melancarkan peredaran darah, mencegah pembekuan atau penggumpalan darah akibat lemak jahat dan kolesterol jahat yang dapat memicu serangan jantung. Lakukanlah senam ini secara rutin atau paling tidak 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mari jaga kesehatan jantung kita dengan berolahraga secara rutin.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih