• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Lebih Mengenal Ikan

Lebih Mengenal Ikan

Sabtu, 22 Januari 2011 14:14 WIB
6506

Kandungan gizi pada ikan sangat banyak, sehingga ikan diperhitungkan sebagai salah satu sumber zat gizi yang penting. Penelitian pada kelompok masyarakat yang mengkonsumsi ikan secara kontinyu dan menjadikannya sebagai bahan pangan dominan, menunjukkan, jenis lemak di dalam ikan (asam linoleat) setelah melalui proses metabolisme dalam tubuh manusia akan menghasilkan asam lemak yang dikenal dengan nama omega 3. Data juga menyebutkan, mereka memiliki umur harapan hidup rata-rata lebih panjang daripada masyarakat yang kurang mengkonsumsi ikan.

Omega 3 yang terdapat pada ikan mencegah penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya. Karakteristiknya yang unik menyebabkan omega 3 mampu mencegah dan mengurangi penumpukan kolesterol dan melekatnya bintik-bintik darah pada dinding pembuluh darah yang merupakan sebab utama timbulnya serangan jantung dan stroke yang mematikan. Omega 3 juga bisa mengatasi beban penderita penyakit asma, rematik, penyakit kulit, komplikasi diabetes dan kanker payudara.

Pertumbuhan sel otak manusia juga bergantung pada kadar omega 3 yang didapat sejak bayi dalam kandungan sampai balita. Bila pada masa tersebut cukup tersedia omega 3, maka anak tersebut akan tumbuh dengan potensi kecerdasan maksimal. Karena itulah ibu hamil perlu mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang cukup sampai bayi yang dikandungnya lahir, agar kebutuhan omega 3 dapat dipenuhi. Untuk menjamin kecukupan omega 3 pada anak bisa dilakukan dengan mengenalkan konsumsi ikan sejak dini yaitu saat bayi bisa makan nasi tim sampai usia selanjutnya.

Selain ikan bermanfaat untuk kesehatan jantung, ikan juga mengandung kalori rendah sehingga bagi orang-orang yang sedang mengikuti program diet penurunan berat badan mengkonsumsi ikan bermanfaat ganda asalkan diolah dengan sedikit lemak.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi ikan sehari-hari adalah dengan selalu membeli dan mengkonsumsi ikan segar sehingga masih bisa terjamin mutunya, dibandingkan dengan ikan yang telah diawetkan sampai berhari-hari. Sebaiknya, segera buang isi perut ikan sebelum diolah dan bila tidak segera dikonsumsi simpan di dalam freezer, ini dilakukan untuk menghindari tumbuhnya bakteri pembusuk pada ikan tersebut, jadi ikan masih tetap segar.

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih