• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Kenali ancaman low back pain

Kenali ancaman low back pain

Senin, 10 Oktober 2011 19:19 WIB
7514

Untuk seseorang yang relatif sering bekerja di tempat duduk, ancaman penyakit pinggang tampaknya menjadi masalah yang cukup sering muncul. Penyakit pinggang ini disebabkan karena duduk di kursi dengan standar kelayakan yang tidak cukup baik dengan kata lain kursi yang digunakan untuk tidak ergonomis digunakan untuk bekerja.

Penyakit pinggang sendiri ada macam-macam, salah satu di antaranya dikenal dengan istilah low back pain yaitu rasa nyeri yang terjadi di daerah pinggang bagian bawah dan dapat menjalar ke kaki terutama bagian sebelah belakang dan samping luar. Keluhan ini dapat demikian hebatnya sehingga penderita akan mengalami kesulitan dalam setiap pergerakan yang dilakukan dan harus istirahat bahkan dirawat di rumah sakit.

Pada dasarnya timbulnya rasa sakit di daerah pinggang bawah ini adalah karena terjadinya tekanan pada susunan saraf tepi daerah pinggang sehingga saraf terjepit. Jepitan pada saraf ini terjadi karena gangguan pada otot dan jaringan sekitarnya, gangguan pada saraf itu sendiri, kelainan tulang belakang maupun kelainan di tempat lain, misalnya infeksi atau batu ginjal dan lain-lain.

Spasme otot atau ketegangan otot merupakan penyebab yang terbanyak dari low back pain. Spasme ini dapat terjadi karena gerakan pinggang yang terlalu mendadak atau berlebihan melampaui kekuatan otot-otot tersebut. Misalnya, waktu sedang olah raga seperti badminton, tenis, golf, dengan tidak kita sadari kita bergerak terlalu mendadak dan berlebihan pada waktu mengejar atau memukul bola.

Demikian juga kalau kita mengangkat benda-benda agak berat dengan posisi yang salah, misalnya memindahkan meja, kursi, mengangkat koper, mendorong mobil, bahkan pada waktu dengan sangat gembira mengangkat anak kecil akan dapat terjadi low back pain.

Pengapuran tulang belakang di sekitar pinggang yang mengakibatkan jepitan pada saraf yang dapat mengakibatkan nyeri pinggang yang hebat juga.

Yang terakhir HNP (hernia nukleus pulposus) yaitu terdorongnya nucleus pulposus, suatu zat yang berada di antara ruas-ruas tulang belakang, ke arah belakang baik lurus maupun ke arah kanan atau kiri akan menekan sumsum tulang belakang atau serabut-serabut sarafnya dengan mengakibatkan terjadinya rasa sakit yang sangat hebat. Hal ini terjadi karena ruda paksa atau trauma/kecelakaan dan rasa sakit tersebut dapat menjalar ke kaki baik kanan maupun kiri (iskhialgia). Adapun sebab lain yang perlu kita perhatikan adalah: tumor, infeksi, batu ginjal, dan lain-lain. Kesemuanya dapat mengakibatkan tekanan pada serabut saraf.

Untuk menghindari ancaman low back pain ini sebenarnya cukup mudah yaitu dengan mengatur posisi duduk yang baik selama bekerja, juga merancang kursi yang ergonomis, sesuai dengan posisi tubuh terutama tangan saat aktif menggunakan komputer misalnya. Low back pain juga bisa dilakukan dengan menghindari mengangkat benda yang terlalu berat, menghindari melakukan gerakan mendadak dan berlebihan saat berolahraga, dan sebagainya.

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih