You are here:Beranda/Artikel/Waspada MERS – CoV !

Waspada MERS – CoV !

Rabu, 07 Mei 2014 Written by Yulvitrawasih 6850 times Print

MERS – CoV atau  Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus, merupakan jenis baru dari kelompok Corona virus (Novel Corona Virus). Virus ini pertama kali dilaporkan pada bulan September 2012 di Arab Saudi. Virus SARS tahun 2003 juga merupakan kelompok  virus Corona dan dapat menimbulkan pneumonia berat tetapi berbeda dengan virus MERS-CoV.

MERS-CoV adalah penyakit sindrom pernapasan yang menyerang saluran pernapasan mulai dari yang ringan sampai dengan berat. Gejala yang timbul seperti demam, batuk dan sesak nafas yang bersifat akut.

Cara penularan MERS-CoV

Virus ini dapat menular antar manusia secara terbatas, dan tidak terdapat transmisi penularan antar manusia yang berkelanjutan. Kemungkinan penularannya dapat melalui :

  1. Langsung : melalui percikan dahak (droplet) pada saat pasien batuk atau bersin.
  2. Tidak Langsung : melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus.

Pencegahan dan Pengobatannya

Karena masih tergolong sebagai penyakit baru, belum ada vaksin khusus yang dapat mencegah terjadinya penyakit ini. Bila seseorang terkena penyakit  MERS-CoV maka diberikan pengobatan sesuai kondisi pasien. Hingga kini, pengobatan yang diberikan hanya difokuskan pada penanganan akan komplikasi dari penyakit ini. Tindakan isolasi dan karantina mungkin dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit MERS-CoV, kuncinya adalah penanganan yang cepat dan tepat karena mutasi virus Corona sangat cepat sehingga lambatnya penanganan diberikan akan semakin meningkatkan angka kematian.

Secara umum, untuk melindungi diri dari penyakit saluran pernapasan, hendaknya lakukan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut: 

  1. Tutuplah hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk ataupun bersin dan segera buang tisu tersebut ke tempat sampah yang tertutup 
  2. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci
  3. Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang menderita sakit, misalnya ciuman atau penggunaan alat makan/minum bersama
  4. Gunakan desinfektan untuk membersihkan barang-barang yang sering disentuh
  5. Cuci tangan pakai sabun, kegiatan ini terbukti dapat mencegah kita dari berbagai infeksi virus dan penyakit
  6. Sedapat mungkin gunakan masker bila sedang dalam kerumunan orang
  7. Untuk Anda yang sedang atau akan pergi ke jazirah Arab sebaiknya segera konsultasi pada petugas kesehatan bila ada keluhan batuk, demam, dan sesak yang memburuk dengan cepat dalam 1-2 hari.

Share

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 428-01567
  • Pendaftaran Rawat Jalan Khusus BPJS +62 821 2214 2226 (Hanya WA)
  • Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) +62-21 428-01567 Ext. 6508

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today920
This week6379
This month7899
Total6009057

Who Is Online

13
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih