You are here:Beranda/Artikel/Waspada, ada racun di sekitar kita

Waspada, ada racun di sekitar kita

Sabtu, 16 Juli 2011 Written by Yulvitrawasih 3351 times Print

Disadari atau tidak, dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kuman, racun berada disekitar kita ribuan hingga jutaan racun berada di sekeliling kita dan siap melawan sistem kekebalan tubuh kita, yang jika dibiarkan, racun-racun tersebut secara perlahan akan membahayakan kesehatan.

Beberapa dampak dari racun yang masuk kedalam tubuh kita akan mengakibatkan tubuh mudah lelah, mudah sakit, wajah terlihat pucat, dan kurang bersemangat. Racun-racun masuk ke dalam tubuh manusia karena pengaruh lingkungan serta akibat gaya hidup yang tidak sehat. Sumbernya bisa dari berbagai macam seperti orang yang tinggal dekat dengan tempat pembuangan limbah, kotor, asap atau emisi gas buangan kendaraan bermotor, selain itu, makanan yang dimakan juga bisa mengandung racun yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan obat-obatan, bila sulit diproses didalam tubuh, obat-obatan akan menjadi racun didalam darah, hal ini akan berdampak pada kerusakan organ-organ tubuh tertentu, seperti hati dan ginjal.

Gaya hidup manusia memiliki pengaruh besar terhadap serangan racun. Seorang perokok dan seseorang yang sering terpapar asap rokok besar kemungkinan terkena serangan penyakit jantung, kanker paru-paru, dan lainnya yang diakibatkan dari pengaruh racun-racun yang terdapat didalam rokok.

Tubuh manusia memiliki mekanisme detoksifikasi yang mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Allah SWT telah menciptakan hati sebagai pusat detoksifikasi alamiah yang mampu menetralisasikan semua racun didalam tubuh. Organ ini melakukan detoksifikasi setiap hari. Ada dua fase proses detox, pertama hati mengubah sifat racun dari racun atau dinetralkan, kedua, racun yang telah dinetralkan diubah sifat senyawanya sehingga dapat larut dalam air dan dibuang keluar tubuh lewat urine dan keringat.

Tapi, kerja hati ini bisa terganggu jika racun terlalu banyak mengendap di dalam tubuh. Akibatnya, fungsi hati bisa menurun. Tanda-tanda menurunnya fungsi hati antara lain ditandai dengan tubuh mudah lelah, mual, kembung, berat badan naik, asam urat naik, kadar kolesterol tinggi, masuk angin, kram, mudah lapar, sampai otot-otot terasa pegal.

Bila gejala-gejala tadi dibiarkan saja tanpa ada upaya untuk memperbaiki fungsinya, dampaknya bisa memunculkan penyakit degeneratif, seperti kanker, pengerasan hati, kencing manis, darah tinggi, jantung koroner, stroke, dan penuaan dini. Para pakar kesehatan mengemukakan kesehatan tubuh itu sebenarnya berawal dari usus besar yang sehat. Pola makan dan pola hidup yang tak sehat akan menyisakan kerak yang menempel di dinding usus besar. Selama kerak didinding usus besar tidak dibersihkan, proses penyerapan racun akan terus berlangsung. Selanjutnya, racun akan masuk ke pembuluh darah dan membebani kerja hati sebagai pusat metabolisme yang bekerja membongkar semua sampah.

Meski secara alamiah tubuh manusia mampu melakukan detox setiap hari, kemampuan tubuh manusia untuk membuang racun terbatas. Ditambah lagi jika gaya hidup tidak sehat dan lingkungan tempat tingal banyak polusi, kemampuan hati untuk melakukan detoksifikasi semakin tidak optimal.

Untuk mengoptimalkan kerja hati dalam melakukan detoksifikasi itu bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan tambahan/suplemen. Produk makanan tambahan itu untuk mengoptimalkan kerja hati. Diatas semua itu, penerapan Gaya Hidup Sehat jauh lebih penting agar tak banyak jumlah racun yang masuk ke tubuh kita.

Share

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today253
This week11955
This month63501
Total3611299

Who Is Online

16
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click