You are here:Beranda/Artikel/Gaya Hidup Sehat Untuk Mencegah Osteoporosis

Gaya Hidup Sehat Untuk Mencegah Osteoporosis

Sabtu, 22 Januari 2011 Written by Yulvitrawasih 3771 times Print

Salah satu risiko yang terjadi pada tulang-tulang di sekujur tubuh kita adalah risiko mengalami osteoporosis yang biasanya secara diam-diam menyerang tanpa adanya tanda-tanda khusus sampai kemudian penderitanya mengalami patah tulang. Patah tulang belakang merupakan jenis yang paling umum dari osteoporosis, namun saat ini diperkirakan sedikitnya setengah dari semua patah tulang belakang tidak mendapatkan perhatian secara klinis dan tidak diobati atau salah didiagnosis sebagai nyeri punggung karena ketegangan otot atau arthritis. Lalu adakah cara untuk mencegahnya?

Upaya pencegahan osteoporosis bagi masyarakat Indonesia harus dimulai dari usia muda dengan cara memenuhi kebutuhan kalsium harian dan nutrisi tulang, menghindari faktor-faktor risiko gaya hidup yang tidak sehat, latihan fisik yang baik, benar, teratur, dan terukur terutama dengan latihan beban. Di Indonesia sendiri telah ada berbagai klub kesehatan senam osteoporosis, dimana dalam latihannya dilakukan gerakan-gerakan yang mendukung tulang menjadi kuat.

Upaya pencegahan osteoporosis di Indonesia harus terus dilanjutkan. Karena menurut data yang ada di Indonesia, sebanyak 41,8 persen laki-laki dan 90 persen perempuan memiliki gejala osteoporosis, sedangkan 28,8 persen laki-laki dan 32,3 persen perempuan sudah osteoporosis. Prevalensi pada perempuan lebih tinggi hal ini dikarenakan sebagian besar wanita Indonesia kekurangan 50 persen kebutuhan kalsium hariannya.

Osteoporosis merupakan masalah yang sangat serius dan besar di Indonesia, setiap orang memiliki risiko tinggi terkena osteoporosis (2 dari 5 orang Indonesia berisiko terkena osteoporosis-data puslitbang gizi tahun 2006). Hal ini kemudian di perkuat dengan fakta bahwa sebagian besar wanita indonesia kekurangan 50 persen kalsium harian mereka, padahal kalsium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan terhindar dari risiko osteoporosis.

Pemahaman bahwa masa pertumbuhan dan perkembangan tulang akan berhenti pada usia 30 tahun perlu ditekankan sejak awal karena setelah itu massa tulang akan menurun secara alamiah. Sangat penting untuk menabung dan memenuhi kebutuhan kalsium harian pada masa pertumbuhan, yaitu dimulai sejak bayi dan masa kanak-kanak hingga dewasa.

Serta hindari risiko osteoporosis, dengan menjalani gaya hidup sehat melalui konsumsi nutrisi mengandung kalsium, menghindari kafein dan sodium berlebihan, tidak merokok dan minum alkohol, melakukan aktivitas fisik yang cukup, serta terpapar sinar matahari yang cukup pula, bila perlu, sempatkan juga untuk ikut klub senam khusus osteoporosis…kalau bukan kita yang peduli pada kesehatan tubuh, siapa lagi?

Share

Tagged under

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today170
This week13721
This month34985
Total3442268

Who Is Online

4
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click