• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Jalani Hidup Sehat

Jumat, 17 Desember 2010 04:50 WIB
7509

Coba renungkan berapa banyak kita melewatkan beberapa kebiasaan yang baik dalam menjalani hidup, yang akhirnya berakibat buruk pada diri kita sendiri. Kebiasaan baik tersebut diantaranya adalah melewatkan waktu sarapan, terlalu sedikit mengkonsumsi air putih, kurang gerak, sering mengkonsumsi makan makanan kecil yang mengandung kalori tinggi dan pola tidur yang kurang teratur.

Berikut beberapa tips mengenai cara menghargai hidup dengan menjalani hidup secara sehat dan teratur, yaitu:

1. Minum air putih

Air merupakan unsur terpenting bagi tubuh manusia, ini karena 2/3 bagian tubuh kita terdiri dari air. Setiap hari kita kehilangan 1,5 liter air yang keluar melalui kulit, paru-paru dan ginjal, Untuk itu kehilangan tersebut harus digantikan dengan jumlah yang cukup, sehingga tubuh dapat terhindar dari kelelahan, sakit kepala, mudah lupa, kulit kusam dan bad mood. Untuk itu agar selalu sehat dan bugar dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari.

2. Sarapan pagi setiap hari

Bila waktu sarapan terlewatkan begitu saja maka akan mempengaruhi produktivitas kerja pada hari yang sama. Maka sangat dianjurkan untuk membiasakan diri untuk sarapan sehat secara rutin setiap hari. Yang dimaksud dengan sarapan sehat adalah sarapan yang mengandung cukup gizi seperti segelas susu atau jus buah atau sarapan siap saji yang kaya gizi dan rendah lemak, contohnya setangkup roti atau sepiring nasi goring dengan telur.

3. Makan siang yang bergizi

Setelah banyak beraktivitas di pagi hari sampai menjelang siang, sudah selayaknya tubuh mendapatkan energy baru melalui makan siang yang bergizi. Anjuran mengkonsumsi makanan yang mengandung empat sehat yaitu makanan yang terdiri dari nasi, sayuran, lauk nabati, hewani, dan tidak lupa menambahkan buah-buahan, masih bisa menjadi acuan agar kita selalu sehat dan memiliki tenaga pengganti untuk melanjutkan aktivitas pada hari itu.

4. Olahraga

Banyak dari kita yang menyatakan tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, alasan yang sering diberikan adalah ketatnya waktu antara pekerjaan dan waktu luang yang ada. Hal ini dapat disiasati dengan meluangkan waktu untuk beraktivitas ditengah-tengah kesibukan itu, seperti menggunakan tangga untuk turun atau naik dibandingkan menggunakan lift atau eskalator, atau bila menggunakan kendaraan ke tempat kerja selalu usahakan agar bisa parkir di tempat yang agak jauh dari pintu masuk, sehingga kita bisa menggunakan kesempatan itu untuk jalan kaki agak jauh. Lebih baik lagi bila kita bisa menyempatkan diri untuk berolahraga secara teratur minimal 30 menit selama lima hari seminggu.

5. Tidur Teratur

Tidur merupakan kebutuhan manusia, saat tidur akan terjadi proses relaksasi otot-otot dan seluruh bagian tubuh yang telah seharian bekerja. Dianjurkan untuk istirahat tidur pada malam hari minimal 6 jam pada orang dewasa. Akan bermanfaat juga bila disela-sela waktu istirahat siang di tempat kerja kita dapat menyempatkan diri untuk tidur sejenak.

Demikian sedikit tentang bagaimana agar kita dapat memiliki hidup yang lebih berkualitas, bukankah kita akan menjadi orang-orang beruntung bila hari ini lebih baik dari hari yang kemarin.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih