You are here:Beranda/Promkes/Tips Kesehatan/Tips Sehat Sepanjang Masa

Tips Sehat Sepanjang Masa

Rabu, 04 Januari 2012 Written by Yulvitrawasih 4463 times Print

Dengan bergantinya tahun berarti bertambah umur kita. Sesuai dengan yang telah digariskan, semakin banyak umur seseorang akan semakin rentan atau berisiko terhadap penyakit tertentu, hal ini tidak bisa dihindari, karena secara fisiologis memang terjadi penurunan berbagai fungsi tubuh seiring bertambahnya usia. Namun, menjadi tua tidak selalu harus menjadi lemah, kita berhak untuk selalu sehat dan produktif walaupun di usia lanjut.

Bertambah tua memang sudah pasti tapi apakah akan selalu sehat?, itu yang tidak pasti. Status kesehatan di masa tua akan sangat dipengaruhi oleh perilaku kita di usia muda. Bila di usia muda tidak melakukan berbagai anjuran untuk hidup sehat, kemungkinan besar akan berefek kurang baik di masa tua nanti, sebaliknya dengan gaya hidup sehat sejak dini, tidak hanya sehat saat usia muda tetapi dimasa tua nanti juga akan tetap sehat dan produktif.

Apa saja yang harus dilakukan saat usia muda agar tetap sehat sepanjang masa?, simak penjelasan berikut:

1. Konsumsi makanan

Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang cukup, dengan 5 porsi buah dan sayuran perharinya, kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Sayuran dan buah adalah sumber terbaik antioksidan yang dapat mencegah seseorang dari serangan jantung dan kanker. Serat yang terkandung di dalamnya juga penting untuk pencernaan. Konsumsi makanan yang sehat agar tubuh juga sehat.

2. Olahraga

Tubuh perlu bergerak dengan aktif, dalam hal ini berolahraga. Dengan berolahraga minimal 30 menit perhari dalam 5 hari, peredaran darah lancar dan badan menjadi tidak kaku serta sehat. Lakukan aktivitas ini sesuai dengan kemampuan masing-masing dalam artian tidak sekedar mengikuti keinginan orang lain. Konsultasikan dengan dokter bila memiliki penyakit tertentu sebelum berolahraga agar tidak memperberat penyakit yang di derita.

3. Minum 8 gelas perhari

Tubuh perlu cairan, fungsinya antara lain untuk kekebalan tubuh, pencernaan, kesehatan kulit dan membuang racun. Karena itulah, sangat bermanfaat jika ia minum lebih dari 8 air putih gelas perhari.

4. Batasi garam

Ada istilah – bagai sayur tanpa garam – yang bisa diartikan hambarnya masakan yang tidak diberi garam. Tubuh memang perlu garam, tapi tidak dalam jumlah yang berlebihan. Konsumsi yang berlebih justru berisiko terhadap tekanan darah dan dapat menyebabkan serangan jantung bahkan stroke. Dianjurkan untuk mengkonsumsi satu sendok teh garam perhari.

5. Batasi makan makanan manis berlemak

Makanan manis berlemak memang menjadi favorit sebagian besar orang, namun makanan ini efeknya dapat merusak gigi, menimbun lemak dalam tubuh hingga menyebabkan obesitas dan penyebab penyakit jantung serta diabetes. Karena itu jangan jadi kecanduan makanan yang terlalu manis dan berlemak. Makanlah sebagai selingan yang nikmat, bukan sebagai kebutuhan yang sangat sering dikonsumsi.

6. Cukup tidur

Tubuh perlu tidur untuk memulihkan tenaga. Yang baik ialah tidur selama 6-8 jam perhari. Tubuh yang lelah akan mempengaruhi daya kerja otak dan kegiatan normal harian. Karena itu usahakan untuk mendapat tidur yang cukup. Kalau perlu biasakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya.

7. Stop merokok

Pernah mendengar bahwa terkandung lebih dari 4000 zat berbahaya bagi kesehatan dalam sebatang rokok?, merokok punya lebih dari 50 cara untuk memberi pengaruh negatif pada tubuh dan punya 20 cara untuk membunuh tubuh itu sendiri. 1 dari 2 perokok sangat rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan paru-paru. Belum lagi jika risiko kanker, impotensi, stroke dan penyakit lain ikut disebutkan. Karena itu berhentilah merusak diri sendiri dengan rokok

Share

Tagged under

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today1659
This week15210
This month36474
Total3443757

Who Is Online

9
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click