• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Tips- tips Mencegah Osteoporosis

Tips- tips Mencegah Osteoporosis

Rabu, 17 Oktober 2012 21:55 WIB
9296

Osteoporosis merupakan penyakit, tersembunyi, kadang tanpa gejala dan tak terdeteksi sampai timbul gejala nyeri karena patah tulang. Karena tingginya morbiditas (kesakitan) yang terkait dengan patah tulang maka upaya pencegahan merupakan prioritas

Tips-tips yang dapat membantu anda mencegah osteoporosis sejak dini :

1. Olahraga

Olahraga merupakan cara termudah dan termurah dalam pencegahan osteoporosis seperti jogging, lari, angkat beban, bulu tangkis, tenis, atau olahraga lain akan membantu menjaga kepadatan tulang anda. Prinsip latihan untuk mencegah osteoporosis adalah latihan fleksibilitas (kelenturan otot & sendi) juga latihan keseimbangan dan menghindari gerakan melompat. Lakukan olahraga pagi tersebut selama 30 menit, 3 sampai 5 kali setiap minggunya.

2. Asupan gizi seimbang

Kebutuhan kalsium variasi seiring bertambahnya usia dan aktivitas fisik, anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta lansia membutuhkan asupan kalsium dalam jumlah yang lebih banyak.

  • Ikan laut. Terutama ikan pari, ekor kuning dan teri karena Ikan laut kaya akan kalsium, untuk mendapat asupan kalsium yang lebih, anda bisa saja mengkonsumsi bandeng presto atau sarden beserta tulangnya
  • Yoghurt. Walaupun merupakan produk dari susu, namun kalsium dalam yoghurt lebih mudah diserap tubuh.
  • Kedelai. Selain mengandung kalsium kedelai juga mengandung estrogen nabati atau fitoestrogen yang dapat membantu penyerapan kalsium
  • Keju
  • Sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, dan selada tidak hanya mengandung kalsium, tetapi juga mengandung kalium dan vitamin K yang mencegah hilangnya kalsium dari tulang

3. Kurangi Kafein

Batasilah konsumsi kopi karena kopi dapat menghambat penyerapan kalsium ke dalam tulang

4. Jaga berat badan anda

Bila berat badan berlebih berarti tubuh anda akan mengambil kalsium lebih banyak dari tulang anda. Anda bisa mencegah hal ini dengan menjaga berat badan anda tetap ideal dengan menjaga pola makan anda dan berolahraga teratur. Pada BB ( IMT < 20 ) lebih mudah terserang osteoporosis

5. Stop rokok dan alkohol

Merokok dan alkohol dapat mengganggu aktivitas pembentuk tulang Berhentilah merokok dan kurangilah konsumsi alkohol anda agar terhindar dari osteoporosis

6. Cek densitas tulang berkala

Pemeriksaan densitas tulang ini bisa dilakukan untuk mendeteksi apakah tulang anda mengalami kekurangan kalsium dan mengetahui resiko osteoporosis

Berikut ini beberapa kriteria yang sebaiknya melakukan tes densitas tulang

  • Wanita yang sudah menopause
  • Pria di atas 80 tahun (sumber lain menyebutkan 65 tahun)
  • Penderita penyakit yang mendapatkan terapi kortikosteroid rutin
  • Penderita tukak lambung/gastritis yang mendapat terapi jangka panjang

7. Terapi sulih hormone

Terapi sulih hormon ini selain menurunkan risiko osteoporosis juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Cegah osteoporosis sejak sekarang, jangan sampai terlambat. Lakukan olahraga, cukupi asupan kalsium (boleh dibantu suplemen bila memang perlu), stop rokok dan alcohol selamat menjaga tulang anda semoga bermanfaat.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih