• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Tindakan Pencegahan Kram

Tindakan Pencegahan Kram

Selasa, 02 Oktober 2012 03:28 WIB
7688

Kram kaki adalah nyeri akibat posisi otot yang sebelumnya posisi istirahat dirangsang berkontraksi. Daerah yang paling sering kram adalah otot betis di bawah dan belakang lutut. Nyeri kram dapat berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit dengan keparahan yang bervariasi. Misalnya ketika tidur, posisi lutut setengah ditekuk, yang menyebabkan otot terkekuk dalam posisi lama dan pada saat bergerak atau olahraga dimana otot berkontraksi pada saat otot tsb belum siap (belum pemanasan,peregangan) karena akan mudah terjadi kram. Tindakan preventif yakni pelenturan sebelum tidur atau sebelum berolahraga.

Adapun pencegahan Kram adalah sebagai berikut

  • Beritahu dokter bila kram kemungkinan disebabkan oleh konsumsi salah satu obat karena ada beberapa jenis obat dapat memberikan efek samping berupa kram sehingga didapat obat alternatif
  • Minum enam gelas penuh ( 1500 cc) setiap hari, termasuk satu gelas ( 250cc ) sebelum tidur, juga    perbanyak minum sebelum, selama, dan setelah berolah raga
  • Lakukan pemanasan / peregangan sebelum olahraga
  • Konsumsi makanan kaya kalsium, potassium, dan magnesium seperti pisang 1-2 buah perhari
  • Bila sering mengalami kram saat tidur, lakukan gerakan relaksasi / peregangan  pada otot betis sebelum tidur. Caranya adalah dengan berdiri sekitar 60-90 cm dari dinding, lalu condongkan badan kearah dinding dengan telapak kaki tetap di tempat. Lakukanlah beberapa kali
  • Tidurlah dengan posisi  yang mencegah otot betis anda tertekan tanpa disadari
  • Gunakan bantal untuk menyangga telapak kaki saat anda tidur terlentang (jangan dibawah lutut)
  • Bila anda tidur tengkurap, posisikan telapak kaki menggantung di ujung kasur
  • Usahakan selimut tetap longgar di bagian kaki agar jari-jari dan telapak kaki tidak menghadap ke bawah saat tidur.

Kram dapat menyerang tiba-tiba maka lakukanlah cara-cara tersebut agar anda terbebas dari gangguan kram sehingga anda dapat melakukan aktivitas dengan lancar,  selamat mencoba…!

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih