• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Segar Sepanjang Hari dengan Jalan Kaki di Pagi Hari

Segar Sepanjang Hari dengan Jalan Kaki di Pagi Hari

Rabu, 23 Februari 2011 15:30 WIB
6741

Banyak orang yang lebih memilih berolahraga dengan pergi ke pusat kebugaran atau ikut kelas aerobik yang sudah pasti berbiaya cukup mahal daripada memilih olahraga berjalan kaki di pagi hari, padahal kegiatan ini bisa memberikan manfaat lebih dan membuat tubuh segar sepanjang hari. Hal ini karena kesegaran yang didapatkan di pagi hari mulai dari udara dan lingkungan akan berdampak terhadap tubuh. Kondisi ini membuat tubuh siap melakukan berbagai aktivitas seharian.

Manfaat lain dari berjalan di pagi hari juga membuat paru-paru tubuh terisi udara segar karena udara belum banyak tercemar polusi udara, sehingga memberikan kehidupan yang lebih sehat untuk sel-sel darah di dalam tubuh, menciptakan koordinasi yang baik antara pikiran dan jiwa, pikiran yang segar akan membuat suasana hati menjadi lebih baik yang secara otomatis akan memberikan kontribusi terhadap perbaikan kondisi kesehatan. Serta gerakan tubuh yang melibatkan semua otot akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Berjalan di pagi hari juga dapat menambah fleksibilitas tubuh karena terjadi peregangan otot secara ekstensif selama berjalan, mengurangi ketegangan pada tulang dan jaringan, meningkatkan kekuatan jantung serta membantu membakar lemak.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berjalan kaki di pagi hari agar mendapatkan manfaat yang maksimal yaitu:

  1. Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan berat satu jam sebelum berjalan, karena mencerna membutuhkan energi yang banyak sehingga bisa membebani diri sendiri.
  2. Hindari jalan raya yang terlalu ramai, carilah tempat yang teduh dan hanya sedikit kendaraan yang berlalu lalang sehingga bisa membuat pikiran santai serta mendapat oksigen lebih banyak.
  3. Variasikan rute berjalan setiap seminggu sekali sehingga tidak merasa bosan dan kegiatan ini bisa berlangsung lama.
  4. Jika memungkinkan cobalah memvariasikan berjalan dengan jalan cepat, misalnya 2 menit berjalan cepat lalu 2 menit kemudian berjalan seperti biasa.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih