• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Penting Untuk Menunjang Produktivitas Di Kantor

Penting Untuk Menunjang Produktivitas Di Kantor

Kamis, 16 Desember 2010 12:31 WIB
6036

Produktif sering diidentikkan dengan 'kerja keras' dan melelahkan. Tapi meningkatkan produktivitas sebenarnya juga dapat dilakukan dengan berbagai hal yang seringkali dilupakan. Padahal, asal kita tahu bagaimana memanfaatkannya dengan baik, maka produktivitas dipastikan akan meningkat.

Berikut hal-hal yang dapat membantu meningkatkan produktivitas di kantor:

1. Kursi kerja yang nyaman dan enak diduduki

Kursi yang terlalu keras, terlalu pendek atau terlalu tinggi dapat mengganggu kenyamanan kita dalam bekerja. Pastikan Kita memakai kursi yang nyaman, terutama bila banyak bekerja sambil duduk.

2. Komputer yang baik dan sejajar mata

Gunakan keyboard komputer dengan tuts yang baik dan layar komputer yang sejajar dengan mata, komputer yang berfungsi dengan baik mampu mempengaruhi kelancaran dan produktivitas. Kenyamanan dan postur tubuh yang baik saat bekerja, akan membuat pikiran menjadi lebih jernih dan mengalir.

3. Bergeraklah, jangan duduk terus

Setiap setengah jam sekali, bangkitlah dari kursi dan tinggalkan meja kerja selama tiga hingga lima menit. Gunakan waktu tersebut untuk merenggangkan tubuh dan menyegarkan pikiran. Setelah itu, segera kembali ke meja dengan konsentrasi dan kondisi yang lebih segar.

4. Batasi waktu di kantor

Buatlah aturan sendiri, berapa jam kita menyelesaikan pekerjaan kantor dan kapan harus meninggalkan kantor. Taati peraturan yang telah dibuat tersebut, sehingga kita dapat bekerja lebih efisien dan tidak dikejar-kejar tenggat. Semakin banyak waktu yang kita miliki, semakin lama kita menyelesaikan pekerjaan.

5. Buat daftar kerja

Agar lebih efisien dan efektif, tulislah daftar pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya. Kemudian coretlah satu persatu begitu selesai mengerjakannya.

6. Sediakan buku catatan atau agenda khusus

Buang kebiasaan menulis catatan penting di sembarang kertas, persiapkan buku khusus atau agenda yang kita bawa setiap saat. Sehingga bila ada ide yang melintas, dapat segera dicatat. Kita pun tak akan membuang waktu lagi untuk sibuk mencarinya.

7. Buat ruang kerja seringkas mungkin

Pastikan ada tempat tersendiri untuk menyimpan alat-alat kantor, mulai dari klip kertas, pulpen, spidol, dan lainnya, sehingga begitu dibutuhkan, kita langsung tahu di mana mencarinya. Menurut beberapa survey, 75% pekerja menghabiskan waktu 15 menit setiap hari hanya untuk mencari barang yang sulit dicari.

Bila hal tersebut di atas dipraktekkan dengan baik maka produktivitas kerja akan meningkat dibanding sebelumnya. Selamat bekerja…..

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih