• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Perlukah Makan Setelah Berolahraga?

Perlukah Makan Setelah Berolahraga?

Kamis, 29 Mei 2014 17:57 WIB
10137

Setelah berolahraga tubuh kita sering merasa lelah, hal ini wajar terjadi karena saat berolahraga energi kita terkuras untuk kegiatan tersebut. Beberapa orang kemudian sempat bertanya-tanya apakah boleh makan setelah berolahraga?

Tubuh memerlukan nutrisi untuk segera melakukan proses pemulihan dan menyediakan cadangan glikogen baru untuk memberikan energi bagi tubuh. Jika energi dari glikogen tidak segera di dapat maka tubuh akan mencari sumber energi lain yang tidak tersedia yaitu protein yang berasal dari otot kita, sehingga kita akan mengalami proses katabolik. Katabolik adalah kehilangan massa otot akibat tidak segera disediakannya sumber energi yang berasal dari karbohidrat.

Setelah 15 menit selesai latihan, tubuh perlu mendapat 'makan' . Hal ini juga bertujuan untuk menstabilkan insulin dalam tubuh agar tidak drop. Bila insulin drop, akan terjadi gangguan sistem metabolisme tubuh, ini mengakibatkan proses pembakaran lemak saat berolahraga menjadi tidak maksimal.

Makanan apa yang tepat untuk dikonsumsi setelah berolahraga?, simak beberapa penjelasan berikut:

1. Gandum 

Ketika berolah raga di pagi hari, kekosongan perut harus diisi kembali dengan menu sarapan yang tepat. Makanan berupa roti gandum merupakan pilihan yang tepat, karena mengandung banyak serat yang membantu mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga, dan akan bertahan hingga waktu yang lama. 

2. Pisang 

Pisang adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga, karena buah ini banyak mengandung gula alami yang baik untuk penambah energi. Kandungan potassiumnya baik untuk mencegah dan meredakan kram otot. Serta kandungan antioksidannya untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru. 

3. Tinggi Protein 

Setelah berolahraga, konsumsilah makanan yang tinggi protein dan rendah lemak, karena protein sangat baik untuk membentuk otot Anda. Anda bisa mencoba menu seperti tuna, kacang-kacangan, tahu, bahkan dada ayam panggang. 

4. Sayur-sayuran Hijau 

Menu terbaik yang dianjurkan lainnya adalah sayuran. Mengonsumsi sayuran berwarna hijau sarat dengan nutrisi, yang dapat mengisi dan membangun kembali zat pada tubuh Anda yang hilang. 

5. Buah-buahan dan Yoghurt 

Anda telah membakar banyak kalori ketika berolahraga, saatnya menggantikan kalori yang hilang dengan buah-buahan segar dan yoghurt. Yoghurt akan memberikan Anda protein, sementara gula 
alami dan antioksidan akan Anda dapat dari buah-buah segar.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih