• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

Kamis, 14 Juli 2011 20:27 WIB
8016

Tidak sedikit pertanyaan disampaikan para ibu hamil terutama pada yang baru pertama kali hamil tentang apa yang boleh dan tidak boleh dimakan selama kehamilan. Di masyarakat sendiri sudah berkembang banyak pemahaman yang berbeda tentang hal ini, yang tidak jarang memberikan dampak kurang baik bagi ibu dan janin yang dikandung karena ternyata jenis-jenis makanan yang dihindari adalah makanan yang sebenarnya sangat dibutuhkan di masa kehamilan.

Beberapa makanan sebaiknya dihindari selama kehamilan karena mereka dapat menyebabkan infeksi-infeksi seperti; salmonella, toksoplasmosis, listeria, E.coli, yang sudah pasti akan membahayakan bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Berikut beberapa jenis makanan yang dihindari selama kehamilan:

Daging mentah/sushi dan yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Sayuran yang tidak dicuci dengan baik, kemungkinan adanya zat berbahaya sisa pestisida yang diperuntukkan untuk kesuburan tanaman, oleh karena itu bersihkan sayuran anda dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang dimakan mentah.

• Telur yang dimasak kurang matang atau mentah , hindari makan hati ayam/daging yang mungkin sumber dari salmonella, yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga diperhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar.

Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined cheese juga keju dari susu kambing dan domba, susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai risiko membawa listeria. Listeria adalah tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, pada dewasa biasanya tanpa gejala atau kalaupun ada akan seperti flu. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran premature, dan keracunan dalam darah.

• Minuman yang mengandung alkohol yang dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin juga problem emosional pada bayi.

Minuman yang mengandung cafein seperti kopi dan teh, keduanya sebaiknya di hindari karena kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga cafein mengurangi penyerapan zat besi.

Selalu pilih makanan sehat selama kehamilan agar ibu dan janin yang akan dilahirkan menjadi anak yang sehat sesuai dengan yang diinginkan.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih