Print this page

Tips cegah penularan HIV AIDS

Jumat, 05 Desember 2014 Written by Yulvitrawasih 6338 times

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, merupakan sekumpulan sindrom penyakit yang masih merupakan momok bagi banyak orang. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) menjadi tahap akhir dari infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Karena yang diserang adalah sistem kekebalan tubuh, maka bias dipastikan bahwa segala macam penyakit akan dengan mudahnya menyerang tubuh penderitanya.

Tidak ada hal lain yang dapat kita lakukan selain menghindari berbagai faktor resiko yang dapat menyebabkan kita terjamah oleh AIDS. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat kita ikuti:

  1. Hindari seks bebas dan setia pada 1 pasangan. Seks bebas masih merupakan cara penularan tertinggi di indonesia saat ini. Jadi tidak ada pilihan lain selain selalu setia pada pasangan resmi sehingga dapat terhindar dari resiko tertular virus mematikan ini.
  2. Jangan Menggunakan Jarum suntik, peralatan bedah, peralatan tatto yang tidak steril. Untuk mencegah HIV AIDS  jangan menggunakan jarum suntik secara bergantian  karena sangat beresiko terkena Hiv, hal ini juga berlaku untuk peralatan bedah dan alat-alat kesehatan yang tidak steril serta penggunaan pisau cukur dan sebagainya. Hindari juga gaya hidup dengan bertatto karena peralatan yang digunakan untuk membuat tattoo beresiko tinggi terhadap penularan HIV AIDS
  3. Hindari kontak langsung dengan darah, apalagi ada bagian tubuh anda yang sedang terluka, sangat mudah tertular apabila ada darah yang positif Hiv terkena pada bagian tubuh yang terluka.

Share

Tagged under

X

Right Click

No right click