Print this page

Olahraga untuk Penderita Sakit Jantung

Selasa, 02 September 2014 Written by Yulvitrawasih 6508 times

Banyak yang berpikir bahwa orang yang mempunyai riwayat sakit jantung tidak boleh melakukan olahraga, padahal justru sebaliknya, olahraga dibutuhkan oleh penderita penyakit ini karena dapat membantu menstabilkan kerja jantung.

Yang perlu diketahui tentang prinsip olahraga untuk penderita sakit jantung adalah gerakan-gerakan olahraga yang tidak mengeluarkan banyak tenaga, sebagai salah satu contohnya adalah jalan kaki. Jalan kaki adalah olahraga yang bisa digunakan untuk mengontrol tekanan darah pada jantung sehingga memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Intensitas jalan kaki yang cenderung mempunyai kecepatan yang teratur, tidak akan membuat jantung bekerja keras, malah sebaliknya itu akan meningkatkan aktivitas jantung yang dulunya sudah mengalami penurunan.

Olahraga lainnya adalah aerobik. Olahraga ini akan membantu memperkuat otot-otot yang ada pada jantung. Faktor tersebut dapat membuat jantung bisa beraktivitas secara maksimal. Selain itu, tenaga yang dikeluarkan untuk melakukan olahraga ini juga cukup sedikit, sehingga tidak akan membuat jantung  lelah bekerja dan tetap dalam keadaan stabil.

Gerakan-gerakan olahraga yang sangat bermanfaat kesehatan jantung lainnya adalah senam jantung. Senam yang bertujuan untuk memperoleh jantung yang sehat ini sebenarnya memiliki beberapa fungsi, untuk melancarkan peredaran darah, mencegah pembekuan atau penggumpalan darah akibat lemak jahat dan kolesterol jahat yang dapat memicu serangan jantung. Lakukanlah senam ini secara rutin atau paling tidak 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mari jaga kesehatan jantung kita dengan berolahraga secara rutin.

Share

Tagged under