Print this page

Tips mencegah kanker kulit

Jumat, 17 Desember 2010 Written by Yulvitrawasih 4694 times

Beberapa waktu belakangan kita sering mendengar tentang semakin menipisnya lapisan ozon di muka bumi ini sehingga sinar matahari yang mengandung ultra violet (UV) akan semakin mudah menembus langsung ke bumi yang dapat mengakibatkan semakin tingginya risiko manusia yang terkena kanker kulit.

Akumulasi sinar UV yang mengenai kulit secara berlebihan dapat merusak DNA yaitu material genetic yang menyusun keturunan sehingga sel kulit normal akan berkembang dengan tidak terkendali dan menjadi sel kanker, padahal ini merupakan reaksi proses kulit yang mempertahankan diri.

berikut tips yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengurangi risiko terjadinya kanker kulit:

1. Atur pola makan

Mengatur pola makan yang dimaksud adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti sayur-sayuran dan buah, mengurangi lemak, menghindari makanan junk food, makanan yang diawetkan, makanan yang dimasak dengan dipanggang sampai hangus, serta menghindari merokok dan minuman beralkohol

2. Gunakan pelindung

Pakailah selalu payung atau topi, kacamata UV serta memakai pakaian yang tertutup saat harus beraktifitas di tempat terbuka disiang hari. Pemakaian sunblock yang aman serta sesuai dengan jenis kulit dan kondisi kulit juga dianjurkan dipakai disiang hari, sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai kulit.

Share

Tagged under

X

Right Click

No right click