You are here:Beranda/Promkes/Tips Kesehatan/Tips Membeli Buah

Tips Membeli Buah

Jumat, 17 Desember 2010 Written by Yulvitrawasih 3407 times Print

Setiap orang pasti pernah mengkonsumsi buah-buahan, bahkan banyak dari orang disekitar kita yang menjadikan buah sebagai pengganti makanan berat disaat mereka lapar. Untuk memenuhi kebutuhan buah, kita cukup mempunyai banyak pilihan dalam membelinya, buah banyak dijual mulai dari pasar tradisional, supermarket bahkan saat ini sudah banyak gerai toko buah yang dekat dengan tempat kita tinggal.

Membeli buah terkadang tidak mudah, setelah berusaha memilih buah-buahan yang kita anggap paling segar, ternyata masih ditemukan buah yang tidak sesuai dengan keinginan, nah… untuk menghindari hal tersebut ada baiknya menyimak beberapa tips dalam memilih buah-buahan untuk dikonsumsi

Anggur
Kondisi paling segar buah anggur adalah saat masih terletak pada tangkainya, sehingga kita perlu membeli anggur yang masih menempel pada tangkai yang berwarna hijau. Hindari memilih buah anggur yang berkerut dan lembek, yang menandakan anggur sudah hampir busuk. Biasanya buah ini dipetik dalam keadaan masak, jadi langsung masukan ke dalam lemari pendingin setelah membeli.

Apel
Apel harus keras jika ditekan dan renyah saat digigit. Jika kita dapat menekan permukaan buah dengan jari, ini tandanya akan mengecewakan jika dimakan. Buah ini mungkin hanya dapat bertahan selama beberapa minggu di lemari pendingin.

Pisang
Pisang harusnya berwarna kuning atau hijau tanpa ada kecoklatan. Pisang termasuk jenis buah yang cepat matang, jadi saat membeli pilihlah yang masih setengah matang. Pisang bisa disimpan di lemari pendingin setelah buah ini matang. Kulitnya mungkin akan berubah warna jadi kegelapan, tapi di dalam rasanya masih tetap enak.

Kiwi
Buah ini masak dengan baik secara keseluruhan, tapi berproses secara perlahan, jadi kiwi sebaiknya dibeli seminggu sebelum dikonsumsi. Pilih buah yang gemuk dan padat tapi jangan diguncang terlalu kuat.

Melon
Biasanya dijual dalam keadaan cukup keras pada permukaannya. Namun, beberapa diantaranya mungkin sudah sangat masak, tapi sebagian lainnya belum sampai masak. Matangkan buah ini selama beberapa hari di ruang bertemperatur. Tapi saat memilih, hindari melon yang bagian kulitnya lembek.

Semangka
Untuk memilih buah ini, ketukan jari Anda pada buahnya, kalau terdengar suara bergema, buah itu yang terbaik. Putar semangka hingga Anda temukan titik bekas tangkainya. Jika berwarna kekuningan, semangka itu telah benar-benar matang, jika berwarna putih berarti belum matang. Setelah dipotong, sisa buah harus dimasukan kulkas dan dapat dimakan dalam beberapa hari.

Jeruk
Buah ini memiliki penjagaan kualitas luar biasa. Biasanya jeruk dipetik saat sudah matang. Pilihlah buah yang tidak lembek dan berkulit mulus. Warna kulit tidak menjamin akan rasanya. Buah yang berukuran kecil hingga sedang biasanya terasa lebih manis dari pada yang lebih besar. Jeruk disimpan ditempat yang sejuk sehingga bisa bertahan hingga beberapa minggu.

Pir
Buah ini dibeli saat dalam keadaan masih keras dan matang dengan cepat saat diletakkan pada suhu kamar. Saat terasa agak empuk saat ditekan inilah waktunya kita memindahkan buah ini ke lemari pendingin atau segera dimakan.

Nanas
Nanas sebaiknya tidak dikonsumsi saat terlalu matang, untuk mempertahankan rasanya. Hindari yang warna kuningnya memudar, layu atau terlihat kecoklatan, atau terlihat kering pada keseluruhan bagian. Sebaiknya kita memilih buah nanas yang berwarna kuning cerah, yang tidak terlalu keras, dan beraroma manis, gemuk dan berat.

Share

Tagged under

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today1635
This week15186
This month36450
Total3443733

Who Is Online

10
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click