Pola Hidup Sehat untuk cegah Hipertensi

PHS untuk cegah Hipertensi. Hipertensi atau yang sering dikenal dengan penyakit darah tinggi adalah suatu gangguan pada pembuluh darah dan jantung yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah menjadi terhambat sampai kejaringan tubuh yang membutuhkannya.

Hipertensi termasuk penyakit yang mematikan karena banyak orang tidak menyadari bahwa ia seorang penderita Hipertensi sampai dilakukannya pemeriksaan tensi darah hal ini disebabkan karena penyakit ini sering tanpa gejala sehingga penderita terlambat menyadarinya.

Seseorang disebut menderita Hipertensi bila tekanan darahnya melebihi tekanan darah yang normal. Tekanan darah sistolik yang normal adalah < 130 sedangkan tekanan darah diastolic yang normal adalah < 85.

Penyakit darah tinggi ini dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke, gagal ginjal, payah jantung, dan kebutaan.

Salah satu upaya untuk mencegah penyakit darah tinggi adalah dengan melaksanakan Perilaku Hidup Sehat, yaitu dengan cara sebagai berikut:

 

  1. Memeriksakan tekanan darah secara teratur, terutama bila dalam keluarga ada yang menderita darah tinggi
  2. Mengurangi makanan yang berkadar garam tinggi. Ion natrium yang terdapat dalam garam yang masuk ke tubuh akan langsung diserap ke dalam pembuluh darah, sehingga konsentrasi ion natrium dalam darah akan meningkat. Ion natrium itu mempunyai sifat retensi air (menahan air), sehingga menyebabkan volume darah menjadi naik dan hal itu secara otomatis menyebabkan tekanan darah menjadi naik.
  3. Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, juga melakukan olahraga aerobik seperti senam, jogging, jalan sehat, dan bersepeda selama 20 sampai 60 menit minimal 3 – 5 kali seminggu.
  4. Tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.
  5. Menjaga berat badan agar normal.
  6. Mengendalikan stress. Stress juga bisa dikurangi dengan melakukan refreshing diakhir minggu misalnya, selain untuk merelakskan otot-otot yang tubuh yang telah lelah bekerja, hal ini juga berguna untuk tetap menjalin kebersamaan dalam keluarga.
  7. Cukup istirahat. Untuk orang dewasa tidur sekitar 6-8 jam sehari sudah cukup, yang penting adalah kwalitas tidur bukannya banyaknya waktu untuk tidur

Popular Tips

Tips Agar Kolesterol Normal

12-10-2012 | Hits:4047

Makan Sehat Saat Istirahat

15-10-2012 | Hits:3992

Rawat Gigi Sejak Dini

11-10-2012 | Hits:3739

Tips mencegah penularan TB

21-03-2012 | Hits:3519

Kenali Pneumonia

16-12-2010 | Hits:3355

Tips Tetap Sehat di Hari Raya

23-08-2011 | Hits:3156

Tips Mengatasi Masalah Tidur

30-06-2011 | Hits:2851

Kontak Informasi

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

 

Telepon

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • +62-21 424-4208

Fax : +62-21 420-6681

 

Email : rsijpusat@rsi.co.id

Statistik

Hari ini17
Minggu ini2789
Bulan ini14865
Pengunjung2392666
Who Is Online
2
Online

Copyright © 2015. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. By inisial dotcom