Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan


Akreditasi 16 Pelayanan

ISO 9001/2008 Certificate
hari_pelanggan

Pendaftaran Pasien Yahoo! Messenger

Humas Yahoo! Messenger

Informasi Yahoo! Messenger

PENCITRAAN Yahoo! Messenger

Statistik Website

Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
Sampai saat ini
2242
8622
32663
1625152

Online : 6 guests and no members

Articles

Tips Mencegah Nyeri Pinggang Akibat Kerja

Nyeri pinggang bukanlah suatu diagnosis tetapi gejala dari penyebab yang bermacam-macam mulai dari infeksi, trauma, proses degenerative, keganasan, peradangan atau gangguan metabolic. Sekitar  80% dari pekerja mengeluh nyeri pinggang ketika  mereka bekerja , nyeri pinggang akibat kerja yang terjadi karena posisi kerja yang tidak benar atau tidak ergonomis ( aturan kerja yang baik) atau gerakan janggal misalnya :

  1. Gerakan membungkuk ke depan
  2. Gerakan rotasi (memutar pinggang)
  3. Gerakan mengangkat beban yang berat dengan tangan yang terbuka terlalu lebar

Pekerjaan yang terus menerus tanpa relaksasi otot selama kegiatan atau disebut sebagai pekerjaan statis juga beresiko nyeri pinggang misalnya :

  1. Duduk terus menerus
  2. Bekerja dengan computer

Berikut ini tips umum bekerja sehat mencegah nyeri pinggang :

  1. Kendalikan berat badan untuk mengurangi beban tulang punggung.
  2. Perkuat otot perut, betis, dan punggung dan jaga posisi pinggang tetap tegak bila berjalan.
  3. Kurangi ketegangan otot dengan peregangan, terutama otot punggung dan otot paha.
  4. Kurangi posisi bahu dan punggung bagian atas yang terlalu membungkuk ke depan.
  5. Atasi stress bila ada.
  6. Saat bekerja dengan berdiri jangan memakai sepatu dengan hak tinggi.
  7. Hindari  berdiri waktu yang lama dengan selingan jongkok.
  8. Saat berdiri jejakkan salah satu kaki lebih tinggi untuk mengurangi terlalu menekuknya tulang punggung.
  9. Bila mengambil sesuatu dilantai, jangan membungkuk, tapi tekuklah lutut.

10. Bila mengangkat benda berat, reganggangkan kedua kaki lalu tekuklah lutut dan punggung

tetap tegak dan angkatlah barang tersebut sedekat mungkin dengan tubuh.

11.  Saat  berjalan posisi harus tegak, rileks dan jangan tergesa-gesa.

12.  Waktu  duduk pilihlah alas yang tidak keras dan rata, pilih punggung kursi berbentuk huruf S,

dan waktu duduk seluruh punggung harus sebanyak mungkin kontak dengan kursi.

13.  Waktu tidur usahakan punggung dalam keadaan mendatar (jangan pakai alas per).

14.  Olahraga teratur pilih olahraga perorangan (renang dan jogging).

15.  Pakai alat bantu (korset) yang dianjurkan dokter.

16.  Hubungi dokter anda bila mengalami nyeri pinggang.

Nurgianti
Author : NurgiantiEmail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Profile