Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan


Akreditasi 16 Pelayanan

ISO 9001/2008 Certificate
hari pelayanan

Pendaftaran Pasien Yahoo! Messenger

Humas Yahoo! Messenger

Informasi Yahoo! Messenger

PENCITRAAN Yahoo! Messenger

Statistik Website

Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
Sampai saat ini
1431
4148
27721
1585247

Online : 3 guests and no members

Articles

Kenali Pneumonia

Berdasarkan laporan dari World Health Organization (WHO), tercatat sekitar seperlima kematian balita disebabkan oleh pneumonia, penyakit mematikan ini memang kurang dikenal jika dibandingkan HIV, malaria ataupun TBC.

Pneumonia adalah penyakit radang infeksi akut yang mengenai paru-paru yang disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme termasuk virus, parasit, bakteri, dan jamur. Gejala yang muncul pada penyakit ini adalah batuk pilek yang disertai napas cepat atau sesak napas. Gejala napas anak cepat: jika usia dibawah usia dua bulan napasnya 60 kali permenit atau lebih, usia 2-11 bulan napasnya 50 kali permenit atau lebih, usia 4 bulan – 5 tahun napasnya 40 kali permenit atau lebih. Tanda anak sesak napas dapat dilihat jika ada tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam pada saat anak bernapas.

Bawa anak segera ke dokter jika ada gejala kesulitan bernafas atau nafas cepat, kebiruan pada kuku dan bibir, serta mengalami demam lebih dari 38.9 derajat celsius atau lebih dari 38 derajat celsius pada bayi kurang dari 6 bulan untuk diberikan penanganan lebih lanjut.

Agar tidak berkembang menjadi pneumonia, usahakan agar anak yang batuk dan pilek mendapat makan cukup serta banyak minum, usahakan agar ruangan tempat tinggal bebas dari asap.
Jika pernapasan bayi atau anak tampak normal yaitu tidak cepat dan tidak sesak, anak cukup diobati di rumah. Jika anak demam, dapat diberikan obat penurun panas. Bersihkan lubang hidung secara teratur sebelum tidur untuk menjaga agar anak mudah bernapas, bagi bayi boleh tidur dengan posisi tengkurap.

Agar anak tidak mengalami batuk pilek maupun pneumonia, jauhkan anak dari penderita batuk, sangat penting anak mempunyai gizi yang baik, yaitu dengan memberikan ASI pada bayi atau anak usia 0-2 tahun, diet makan yang mengandung vitamin A dari buah-buahan berwarna kuning serta sayuran, berikan imunisasi pada anak sesuai waktunya, vaksinasi yang ada saat ini adalah vaksin pneumokokus yang diberikan pada usia anak 2,4,6, dan12 sampai dengan 15 bulan. Usahakan juga agar ruangan tempat tinggal anak mempunyai udara yang bersih dan ventilasi yang cukup.

Yulvitrawasih
Author : YulvitrawasihEmail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Profile