Kolposkopi

Sebagai alat deteksi kanker leher rahim. Alat ini tidak banyak dijumpai di Bali khususnya di Denpasar, tetapi di Rumah Sakit Surya Husadha telah menyiapkan alat ini sebagai bentuk komitmen rumah sakit untuk mempersiapkan pelayanan yang komprehensip disamping menunjang program pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu oleh karena kanker leher rahim ini.

Kanker leher rahim merupakan salah satu masalah kesehatan perempuan, khususnya dinegara berkembang seperti di Indonesia. Insiden penyakit ini dimasyarakat cukup tinggi dan data dari beberapa rumah sakit di Indonesia bahwa kanker leher rahim merupakan keganasan yang paling sering atau paling tinggi diantara penyakit keganasan pada perempuan, kemudian disusul keganasan pada payudara dan indung telur / ovarium. Selain kejadiannya tinggi, masalah lain adalah bahwa hampir 70% kasus datang ke rumah sakit sudah dalam keadaan stadium lanjut, hal ini disebabkan karena pada stadium dini tidak terjadi keluhan yang spesifik, mungkin hanya sering keputihan atau flek pada saat hubungan badan. Pada stadium lanjut, efektivitas pengobatan yang lengkap sekalipun, hasilnya belum memuaskan dan mortalitas/ kematiannya yang diakibatkannya tingi. Boleh dikatakan penyakit ini merupakan penyakit keganasan yang tidak bisa disembuhkan bila ditemukan sudah pada stadium lanjut. Bagaimana bila ditemukan pada stadium dini, penyakit ini tentu akan bisa diobati dengan baik dengan menggunakan  beberapa modalitas terapi bahkan bisa disembuhkan secara total. Kanker leher rahim pada stadium dini ini sebagian besar tidak memberi gejala atau keluhan, dan kadang-kadang hanya keputihan berulang atau flek / perdarahan diluar menstruasi.

Hal yang paling penting untuk mengatasi penyakit ini adalah bagaimana menemukannya pada stadium dini.  Salah satu cara yang paling baik, aman dan cukup efektif adalah dengan melakukan pap smear secara berkala. Dengan melakukan papsmear berkala perubahan sel epitel leher rahim sebelum menjadi ganas bisa diketahui, sehingga pencegahan dan pengobatannya sangat efektif. Perlu diketahui bahwa perjalanan kanker leher rahim dari perubahan sel abnormal sampai menjadi ganas memerlukan waktu yang cukup lama ( belasan tahun ). Di beberapa Negara maju, skrining kanker leher rahim dengan tes papsmear secara luas terbukti mampu menurunkan angka kejadian kanker leher rahim hingga 90% dan menurunkan angka kematian hingga 70-80%. Keberhasilan ini diraih berkat kemampuan pemeriksaan skrining papsmear yang mengenali adanya lesi prakanker pada leher rahim.   Bila dalam pemeriksaan pap smear didapatkan kelainan pada serviks atau leher rahim maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut  dengan menggunakan suatu alat KOLPOSKOPI.. Kolposkopi merupakan alat yang dirancang sedemikian rupa hingga memungkinkan mendapatkan pembesaran gambaran suatu obyek, dalam hal ini adalah leher rahim, termasuk juga mendapatkan tampilan vagina dan alat kelamin luar. Dengan pembesaran gambaran pada leher rahim tadi maka dengan tuntunan kolposkopi ini maka seorang dokter dapat lebih yakin memilih dan mengambil jaringan yang ditemukan kelainan tadi untuk diperiksakan ke laboratorium guna memperjelas penyakitnya ( kepentingan diagnostik). Alat ini tidak banyak dijumpai di Bali khususnya di Denpasar, tetapi di Rumah Sakit Surya Husadha telah menyiapkan alat ini sebagai bentuk komitmen rumah sakit untuk mempersiapkan pelayanan yang komprehensip disamping menunjang program pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu oleh karena kanker leher rahim ini.

Jadi kanker leher rahim adalah suatu penyakit yang tidak bisa disembuhkan pada stadium lanjut tetapi bila dijumpa pada stadium dini dapat disembuhkan secara total. Pap smear dan kolposkopi merupakan alat deteksi yang cukup aman dan efektif dalam mencegah kanker leher rahim. Bagamanapun mencegah lebih baik dari pengobatan

Kontak Informasi

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

 

Telepon

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • +62-21 424-4208

Fax : +62-21 420-6681

 

Email : rsijpusat@rsi.co.id

Statistik

Hari ini189
Minggu ini1538
Bulan ini14502
Pengunjung2274539
Who Is Online
13
Online

Copyright © 2015. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. By inisial dotcom