You are here:Beranda/Artikel/Sehat Lewat Pola Makan

Sehat Lewat Pola Makan

Sabtu, 22 Januari 2011 Written by Yulvitrawasih 3704 times Print

Setiap orang akan selalu berusaha untuk hidup sehat, lalu mulai melakukan berbagai cara yang disarankan untuk mencapainya, sebagian fokus pada bagaimana pola makan yang baik untuk kesehatan sebagian lainnya melakukan berbagai aktifitas olahraga lalu menghitung kalori yang keluar, dan tidak sedikit yang melakukan keduanya. Padahal untuk hidup sehat ternyata tidak sulit, tidak perlu repot menghitung kalori atau memilah-milah makanan yang dikonsumsi. Salah satu caranya yaitu dengan cermat memilih warna bahan makanan, makan roti gandum dan makan makanan selingan, serta tidak lupa berolahraga teratur, bisa menjadi solusi hidup sehat.

Berikut ini terdapat lima cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat melalui pola makan, diantaranya:

1. Perhatikan Warna Makanan

Kebanyakan dari kita hanya melihat jumlah kalori dalam makanan. Mengapa tidak mulai mencoba perhatikan berapa jenis warna yang terdapat dalam satu porsi makanan. Seperti apa saja jenis sayuran dan buah yang dimakan dalam satu hari. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi terlalu 'pucat' tidak ada warna warni sayuran di dalamnya. Karena semakin terang warna sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi akan semakin baik, karena pertanda antioksidan, vitamin dan serat yang dikonsumsi semakin banyak juga.

2. Makanan Selingan

Sebaiknya makan cukup 3 kali sehari sesuai dengan yang dianjurkan perlu juga makanan selingan. Biasanya makanan selingan ini bisa dikonsumsi sekitar pukul 10 pagi atau pukul 4 sore. Makanan selingan berguna untuk menghindari perut yang terlalu kosong dan lapar, sehingga akan membuat kita mengkonsumsi lebih saat waktu makan tiba. Makanan selingan ini bisa berupa biskuit gandum atau pun biskuit sayuran yang bisa menjaga perut tetap terisi. Sesuai dengan namanya, maka makanan selingan di konsumsi tidak dalam porsi yang banyak.

3. Serat Saat Sarapan

Butuh waktu agar serat dapat di cerna dalam pencernaan sehingga konsumsi serat yang cukup saat sarapan pagi akan membuat perut kenyang sampai waktu makan siang tiba. Hal ini bisa disiasati dengan mengkonsumsi sereal atau oatmeal yang dipadu dengan potongan buah seperti pisang dan juga strawberry. Jika tidak bisa mengkonsumsi sereal, roti bisa jadi penggantinya. Pilih roti yang terbuat dari tepung gandum yang dipadukan dengan selai kacang ataupun selai buah.

4. Makanan Peredam Lapar

Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa jenis buah-buahan seperti apel, pepaya, pisang, dan strawberry yang bisa di makan saat tiba-tiba lapar. Buah-buahan yang segar sebaiknya jadi pilihan dibandingkan dengan makanan kecil lain yang seringkali sarat dengan bahan pengawet. Jadi siapkan buah-buahan untuk meredam perut yang lapar.

5. Kontrol Diri

Hal yang tidak kalah penting agar tercapai hidup sehat melalui pola makan yaitu selalu melakukan kontrol pada diri sendiri, walaupun empat hal di atas sudah dilakukan tetapi konsumsinya tidak diperhatikan seperti berlebih atau kurang, maka manfaat yang diharapkan tidak akan tercapai. Jadi selalu kontrol diri kita mengenai jumlah dan jenis makanan yang akan masuk ke dalam tubuh nantinya.

Share

Tagged under

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today796
This week14820
This month16137
Total3423420

Who Is Online

23
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click