You are here:Beranda/Artikel/Resep Meningkatkan Daya Ingat

Resep Meningkatkan Daya Ingat

Senin, 24 Januari 2011 Written by Yulvitrawasih 5329 times Print

Kehilangan daya ingat pasti merupakan sesuatu yang tidak diinginkan setiap orang, namun yang terjadi beberapa waktu belakangan ini adalah semakin meningkatnya orang-orang yang berusia muda yang mengalami penurunan memori atau daya ingat, yang sebelumnya lebih sering dialami oleh orang-orang yang mulai memasuki usia lanjut. Penurunan daya ingat ini memang lazim terjadi pada usia lanjut, hal ini berkaitan dengan proses degeneratif yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Beberapa penyakit terkait dengan memori seperti Alzheimer atau demensia juga membuat seseorang kehilangan memorinya.

Beberapa resep berikut ini layak dilakukan untuk meningkatkan daya ingat kita:

Permen Karet

Permen karet sebenarnya bisa meningkatkan kewaspadaan dan memori menjadi lebih baik. Hal ini berdasarkan hasil dua penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Appetite tahun 2002 dan 2004.

Dalam studi ini, orang yang mengunyah permen karet selama tahap pembelajaran tes tertentu memberikan hasil yang lebih baik. Kondisi ini kemungkinan karena mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung yang kemudian meningkatkan aliran darah ke otak.

Latihan atau berolahraga

Jika selama ini orang melakukan olahraga agar bisa mendapatkan tubuh yang bugar, sehat dan kuat, namun ternyata olahraga juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa menambah daya ingat. Ini mungkin terkait dengan peredaran darah yang semakin lancar dengan berolahraga.

Olahraga yang dimaksudkan disini tidak harus mahal atau berat, beberapa olahraga ringan seperti berjalan kaki, naik tangga atau bersepeda bisa menjadi penambah ingatan yang lebih baik dibanding tidak berolahraga sama sekali.

Kafein

Meskipun masih banyak orang yang memperdebatkan keuntungan dan bahaya dari kafein yang terdapat di dalam kopi, tapi tidak ada yang bisa membantah efek kafein terhadap kewaspadaan dan penambah memori. Berbagai studi yang dilakukan dalam 5 tahun terakhir menunjukkan kafein dapat meningkatkan memori jangka pendek dan melindungi perempuan dari kehilangan daya ingat.

Agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari kafein, usahakan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang aman dan tidak berlebihan. Hal ini untuk menghindari efek negatif dari kafein bagi tubuh. Dianjurkan hanya mengkonsumsi kopi 1 gelas dalam sehari.

Tidur siang

Resep yang satu ini mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Dengan tidur siang bisa meningkatkan daya ingat deklaratif / daya ingat yang berguna untuk menyimpan fakta-fakta. Jika sudah bekerja keras seharian, ambillah waktu untuk tidur siang sejenak. Tapi pastikan untuk tidak tidur lebih dari 45 menit, karena bila terlalu lama dan dalam malah dapat menghilangkan manfaatnya bagi daya ingat.

Share

Tagged under

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 428-01567
    +62-21 425-0451
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi
        * 0812 1349 1516 (Hanya WA) 
        * +62-21 428-01567 Ext. 6508

    3. Aplikasi Android

        Unduh Melalui Play Store (E-Smart RS Islam Jakarta Cempaka Putih)

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today363
This week10092
This month10092
Total4876389

Who Is Online

21
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click