You are here:Beranda/Artikel/Perlukah Makan Setelah Berolahraga?

Perlukah Makan Setelah Berolahraga?

Kamis, 29 Mei 2014 Written by Yulvitrawasih 3407 times Print

Setelah berolahraga tubuh kita sering merasa lelah, hal ini wajar terjadi karena saat berolahraga energi kita terkuras untuk kegiatan tersebut. Beberapa orang kemudian sempat bertanya-tanya apakah boleh makan setelah berolahraga?

Tubuh memerlukan nutrisi untuk segera melakukan proses pemulihan dan menyediakan cadangan glikogen baru untuk memberikan energi bagi tubuh. Jika energi dari glikogen tidak segera di dapat maka tubuh akan mencari sumber energi lain yang tidak tersedia yaitu protein yang berasal dari otot kita, sehingga kita akan mengalami proses katabolik. Katabolik adalah kehilangan massa otot akibat tidak segera disediakannya sumber energi yang berasal dari karbohidrat.

Setelah 15 menit selesai latihan, tubuh perlu mendapat 'makan' . Hal ini juga bertujuan untuk menstabilkan insulin dalam tubuh agar tidak drop. Bila insulin drop, akan terjadi gangguan sistem metabolisme tubuh, ini mengakibatkan proses pembakaran lemak saat berolahraga menjadi tidak maksimal.

Makanan apa yang tepat untuk dikonsumsi setelah berolahraga?, simak beberapa penjelasan berikut:

1. Gandum 

Ketika berolah raga di pagi hari, kekosongan perut harus diisi kembali dengan menu sarapan yang tepat. Makanan berupa roti gandum merupakan pilihan yang tepat, karena mengandung banyak serat yang membantu mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga, dan akan bertahan hingga waktu yang lama. 

2. Pisang 

Pisang adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga, karena buah ini banyak mengandung gula alami yang baik untuk penambah energi. Kandungan potassiumnya baik untuk mencegah dan meredakan kram otot. Serta kandungan antioksidannya untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru. 

3. Tinggi Protein 

Setelah berolahraga, konsumsilah makanan yang tinggi protein dan rendah lemak, karena protein sangat baik untuk membentuk otot Anda. Anda bisa mencoba menu seperti tuna, kacang-kacangan, tahu, bahkan dada ayam panggang. 

4. Sayur-sayuran Hijau 

Menu terbaik yang dianjurkan lainnya adalah sayuran. Mengonsumsi sayuran berwarna hijau sarat dengan nutrisi, yang dapat mengisi dan membangun kembali zat pada tubuh Anda yang hilang. 

5. Buah-buahan dan Yoghurt 

Anda telah membakar banyak kalori ketika berolahraga, saatnya menggantikan kalori yang hilang dengan buah-buahan segar dan yoghurt. Yoghurt akan memberikan Anda protein, sementara gula 
alami dan antioksidan akan Anda dapat dari buah-buah segar.

Share

Tagged under

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today1574
This week19791
This month21108
Total3428391

Who Is Online

13
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click