You are here:Beranda/Artikel/Miliki Pencernaan Yang Sehat

Miliki Pencernaan Yang Sehat

Sabtu, 22 Januari 2011 Written by Yulvitrawasih 3471 times Print

Bagian dari organ tubuh manusia yang sering mengalami gangguan adalah pencernaan. Dari yang banyak gangguan tersebut beberapa diantaranya adalah diare dan sembelit. Agar membuatnya kembali ke keadaan semula diperlukan beberapa usaha seperti pola hidup sehat, asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, dan konsumsi suplemen yang tepat agar pencernaan terjaga sehat.

Salah satu indikasi yang cukup efektif untuk menggambarkan orang itu sehat adalah kondisi pencernaannya. Sebuah kepercayaan Jepang kuno menyebutkan bahwa memiliki perut sehat berarti memiliki alat pencernaan yang berfungsi normal. Selanjutnya pasti sehat dan lancar pula peredaran darahnya. pencernaan yang kurang baik menyebabkan daya tahan tubuh menurun karena zat gizi yang masuk berkurang, sehingga berat badan pun ikut berkurang. Proses pencernaan yang kurang baik bisa timbul dari berbagai penyakit seperti radang lidah, radang mulut akibat jamur, amandel, gangguan sistemik pada ginjal (kadar ureum tinggi) yang mengganggu fungsi lambung, tumor di usus besar atau halus.

Guna menghindari gangguan proses pencernaan, banyak hal bisa dilakukan. Di antaranya mengosumsi makanan bersih, bebas kuman, tidak mengandung zat kimia, tidak terlalu pedas atau asam. Selain itu makanan harus memenuhi syarat nutrisi yang baik dan kadar gizi yang cukup.

Pastikan selalu mengasup serat yang cukup, terutama jenis tak larut dan air secara ideal guna menjaga risiko gangguan pencernaan, jenis sayur-sayuran berwarna hijau dan berbagai macam buah-buahan adalah contohnya. Sayangnya, dalam keseharian, perilaku dan hidup yang menuntut kepedulian lebih terhadap kesehatan justru sering diabaikan dengan alasan sibuk, tak ada pilihan, atau kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan.

Untuk itu, pilihan suplemen bisa dipertimbangkan. Namun, perlu kejelian dalam memilih suplemen berkualitas, terutama menyangkut kandungan serta manfaatnya bagi pencernaan. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter untuk pilihan suplemen yang tepat.

Share

Tagged under

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today751
This week14775
This month16092
Total3423375

Who Is Online

38
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click