You are here:Beranda/Artikel/Masalah-masalah Kesehatan Akibat Merokok

Masalah-masalah Kesehatan Akibat Merokok

Jumat, 16 Mei 2014 Written by Yulvitrawasih 3738 times Print

Saat ini, sudah menjadi sesuatu yang lumrah kita melihat orang-orang disekitar kita baik muda ataupun tua, dewasa ataupun anak-anak, laki-laki atau perempuan, yang menghisap rokok. Kegiatan ini dilakukan  diberbagai lokasi bahkan ditempat yang jelas-jelas dilarang untuk dilakukan seperti di kendaraan umum dan di dalam gedung yang ber-ac.

Walaupun jumlah perokok seakan tidak berkurang, namun setiap orang atau instansi yang peduli terhadap adanya dampak kesehatan yang diakibatkan karena merokok selalu berupaya berbagai hasil penelitian yang berhubungan dengan dampak dari merokok.  Akibat merokok yang dipublikasikan adalah serangan jantung, kanker, gangguan kehamilan dan janin, dan impotensi. Namun diluar hal-hal tersebut ada berbagai akibat merokok yang jarang dipublikasikan, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, sebagai berikut:

Rambut Rontok

Rokok memperlemah sistem kekebalan, sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti lupus erythematosus yang menyebabkan rambut rontok.

Katarak

Katarak, yaitu memutihnya lensa mata yang menghalangi masuknya cahaya yang dapat menyebabkan kebutaan, 40% terjadi pada perokok. Rokok dapat menyebabkan katarak dengan cara mengiritasi mata dengan terlepasnya zat-zat kimia di paru-paru yang oleh aliran darah dibawa sampai kemata.

Kulit Keriput

Merokok dapat menyebabkan menuaan dini pada kulit karena rusaknya protein yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit, terkikisnya vitamin A, dan terhambatnya aliran darah. Kulit perokok menjadi kering dan keriput terutama didaerah bibir dan mata.

Kanker Kulit

Merokok tidak menyebabkan melonoma, tetapi merokok dapat menyebabkan meningkatkan kemungkinan kematian akibat penyakit tersebut. Ditengarai bahwa perokok berisiko menderita cutaneus squamus cell kanker, sejenis kanker yang meninggalkan bercak pada kulit.

Hilangnya Pendengaran

Tembakau menyebabkan timbulnya endapan pada dinding pembuluh darah sehingga menghambat laju aliran darah ke dalam telinga bagian dalam. Perokok dapat kehilangan lebih awal daripada orang yang tidak merokok atau lebih mudah kehilangan pendengaran karena infeksi pendengaran.

Osteoporosis

Karbon monoksida, yaitu zat kimia beracun yang banyak terdapat pada gas buang mobil dan asap rokok lebih mudah terikat dalam darah, sehingga kemampuan udara untuk mengangkat oksigen turun 15% pada perokok, akibatnya tulang orang yang merokok kehilangan densitasnya menjadi lebih mudah patah/retak dan penyembuhannya 80% lebih lama.

Karies

Rokok mempengaruhi keseimbangan kimiawi dalam mulut, membentuk plak yang berlebihan, membuat gigi menjadi kuning, dan terjadi karies.

Disklori Jari-jari

Tar yang terdapat pada asap rokok terakumulasi pada jari-jari dan kuku yang meninggalkan warna kuning dan kecoklatan.

Tukak Lambung

Konsumsi tembakau menurunkan resistensi terhadap bakteri yang menyebabkan tukak lambung, juga meminimalisasi kemampuan lambung untuk menetralkan asam lambung setelah makan sehingga akan menggerogoti dinding lambung. Tukak lambung pada perokok lebih sulit disembuhkan.

Penyakit Beurger

Penyakit terjadi karena inflamasi pada arteri vena dan syaraf utama kaki yang mengakibatkan terhambatnya aliran darah dan bila dibiarkan tanpa perawatan akan mengarah kepada gangren (matinya sel tubuh) sehingga pasien perlu diamputasi.

Share

Tagged under

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today1229
This week14780
This month36044
Total3443327

Who Is Online

9
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click