You are here:Beranda/Artikel/Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

Kamis, 14 Juli 2011 Written by Yulvitrawasih 2663 times Print

Tidak sedikit pertanyaan disampaikan para ibu hamil terutama pada yang baru pertama kali hamil tentang apa yang boleh dan tidak boleh dimakan selama kehamilan. Di masyarakat sendiri sudah berkembang banyak pemahaman yang berbeda tentang hal ini, yang tidak jarang memberikan dampak kurang baik bagi ibu dan janin yang dikandung karena ternyata jenis-jenis makanan yang dihindari adalah makanan yang sebenarnya sangat dibutuhkan di masa kehamilan.

Beberapa makanan sebaiknya dihindari selama kehamilan karena mereka dapat menyebabkan infeksi-infeksi seperti; salmonella, toksoplasmosis, listeria, E.coli, yang sudah pasti akan membahayakan bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Berikut beberapa jenis makanan yang dihindari selama kehamilan:

Daging mentah/sushi dan yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Sayuran yang tidak dicuci dengan baik, kemungkinan adanya zat berbahaya sisa pestisida yang diperuntukkan untuk kesuburan tanaman, oleh karena itu bersihkan sayuran anda dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang dimakan mentah.

• Telur yang dimasak kurang matang atau mentah , hindari makan hati ayam/daging yang mungkin sumber dari salmonella, yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga diperhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar.

Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined cheese juga keju dari susu kambing dan domba, susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai risiko membawa listeria. Listeria adalah tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, pada dewasa biasanya tanpa gejala atau kalaupun ada akan seperti flu. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran premature, dan keracunan dalam darah.

• Minuman yang mengandung alkohol yang dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin juga problem emosional pada bayi.

Minuman yang mengandung cafein seperti kopi dan teh, keduanya sebaiknya di hindari karena kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga cafein mengurangi penyerapan zat besi.

Selalu pilih makanan sehat selama kehamilan agar ibu dan janin yang akan dilahirkan menjadi anak yang sehat sesuai dengan yang diinginkan.

Share

Tagged under

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan 0812 8896 9622
    (Hanya WA) khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Find and Follow

Statistik Web

Today922
This week7923
This month19387
Total3148551

Who Is Online

5
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click