You are here:Beranda/Artikel/Makanan Musuh Lemak Jahat

Makanan Musuh Lemak Jahat

Jumat, 02 September 2011 Written by Yulvitrawasih 3787 times Print

Dalam mengkonsumsi makanan kita sehari-hari, seringkali tidak kita sadari bahwa makanan tersebut banyak mengandung lemak yang memberi dampak kurang baik bagi kesehatan, yang dikenal dengan lemak jahat yaitu lemak berasal dari lemak yang bersifat jenuh. Semua minyak goreng, jeroan, lemak dalam daging, tergolong bersifat jenuh. Memang lemak jenuh ini tetap dibutuhkan tetapi dalam takaran yang tidak banyak. Sebaliknya, lemak tak jenuh dibutuhkan oleh tubuh lebih banyak dibanding lemak jenuh. Ada lemak tak jenuh majemuk, seperti yang terdapat pada ikan dan minyaknya, ada juga lemak tak jenuh tunggal dari kacang-kacangan dan buah-buahan.

Namun kita tidak perlu terlalu khawatir akan tingginya kadar lemak jenuh dalam makanan yang kita santap, karena ada beberapa makanan sehat yang ternyata juga mempunyai peran untuk memerangi lemak jahat di dalam tubuh:

1. Kacang Almond

Almond memiliki kandungan asam alfa-linolenat (ALA) yang tinggi dan dapat mempercepat metabolisme lemak. Almond juga kaya akan kandungan serat, protein dan lemak baik, yang berdampak pada pemenuhan selera, sehingga kita cenderung tidak memiliki hasrat untuk makan berlebihan.

2. Jeruk

Vitamin C dari jeruk masuk ke dalam aliran darah yang akan berfungsi untuk membentuk karnitin yaitu zat yang membantu sel-sel kita membakar lemak.

3. Ikan

Selain membuat jantung kita menjadi sehat, ikan juga dapat mengecilkan lingkar pinggang karena kandungan asam lemak Omega-3 yang terdapat di dalam ikan dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu membangun otot dan menurunkan lemak perut.

4. Kedelai

Dalam kedelai terdapat lesitin,zat yang membantu sel-sel agar tidak menumpuk lemak. Kedelai juga berfungsi memecah simpanan lemak dalam tubuh, menurunkan kolesterol, trigliserida, dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

5. Tomat

Tomat mengandung oligofructose, serat yang membantu mempertahankan efek cholecystokinin (CCK) dalam perut, yaitu hormon yang dikeluarkan usus kecil dalam merespons adanya lemak dan meningkatkan perasaan kenyang dengan mengencangkan katup antara perut dan usus. Hal ini dapat mencegah kita untuk tidak makan berlebihan. Tomat juga mengandung vitamin C yang membantu dalam produksi karnitin.

6. Yogurt

Yogurt sebagai makanan yang kaya kalsium dan bebas lemak dapat meningkatkan mekanisme pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga mempercepat penurunan berat badan.

Share

Tagged under

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today29
This week15264
This month36528
Total3443811

Who Is Online

6
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click