You are here:Beranda/Artikel/Jangan Lewatkan Makan Siang

Jangan Lewatkan Makan Siang

Jumat, 17 Oktober 2014 Written by Yulvitrawasih 3580 times Print

Setelah setengah hari melakukan berbagai aktivitas bekerja di kantor, tentunya telah banyak energi tubuh yang terkuras, sudah sewajarnya bila saat rehat siang benar-benar digunakan dengan aktivitas yang berfungsi untuk mengisi kembali energi tubuh tadi, waktu rehat juga bisa dijadikan sebagai menjadi sarana untuk melepaskan beban pekerjaan di kantor yang menumpuk.

Salah satu hal terpenting yang dilakukan saat istirahat siang di jam kerja adalah makan siang. Pekerjaan yang menumpuk atau ketika tenggat waktu yang mengejar, sering membuat orang melewatkan makan siang mereka, padahal manfaatnya cukup besar untuk tubuh, salah satunya yaitu untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja, karena saat makan siang, otak kembali melakukan relaksasi sejenak dari aktivitas bekerja.

Sebuah studi dari University of Toronto menemukan bahwa melewatkan istirahat makan siang dapat membuat seseorang menjadi kurang termotivasi dan kurang produktif, karena energi telah terkuras untuk berfikir saat digunakan bekerja. Setelah melewatkan makan siang, tanpa disadari kerja seseorang akan lebih lamban.

Yang perlu diperhatikan saat melakukan makan siang  adalah melakukannya dengan relaks dan fokus tanpa diselingi kegiatan lain, karena masih banyak yang makan siang di meja kerja, mengunyah makanan sambil mengetik, mondar-mandir mengambil barang, atau menelepon. Mereka tidak memberikan waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Hal ini berefek buruk bagi kesehatan.

Kebiasaan makan sambil bekerja juga membuat mereka cenderung mengambil lebih banyak waktu dalam menyelesaikan makanan mereka, yang membuat penyerapan nutrisi  makanan dalam tubuh menjadi terganggu. Mengunyah makanan dalam kondisi tak tenang atau stres  akan membuat enzim-enzim pencernaan tidak bisa bekerja baik.

Mulai sekarang, selalu luangkan waktu untuk makan siang, sesibuk apapun, dan  hal lain yang perlu juga mendapat perhatian adalah jenis asupan makanan yang dikonsumsi saat makan siang, tidak hanya asal kenyang, hindari porsi yang berlebihan, dan tetap berpatokan pada piramida makanan atau yang dikenal dengan Tumpeng Gizi Seimbang, sehingga asupannya sesuai dengan kebutuhan.

Karenanya, luangkan waktu 10 menit untuk menuntaskan makan sehingga memberi kesempatan bagi enzim pencernaan bekerja dengan baik. Minimal 20 menit setelahnya gunakan untuk merelakskan tubuh dan pikiran sehingga sirkulasi darah tak terganggu. Setelah makan siang yang berkualitas, tubuh Kita akan kembali siap untuk beraktivitas disisa hari kerja

Share

Tagged under

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today2394
This week8843
This month30107
Total3437390

Who Is Online

15
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click