You are here:Beranda/Artikel/Jangan coba-coba merokok!

Jangan coba-coba merokok!

18/06/2012 Nurgianti 2530 times Print

Di mulai pada tahun 1987 atau tepatnya 31 Mei 1987 WHO, sebagai badan kesehatan dunia menetapkan hari tersebut sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia, tetapi kita lebih mengenalnya sebagai Hari Anti Merokok. WHO mencanangkan kampanye Anti Tembakau ini karena peringatan akan bahaya tembakau bagi kesehatan di seluruh dunia itu dinyatakan dalam bentuk penetapan sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia, dan dari berbagai penelitian terkait dengan perbandingan manfaat dari merokok sangat tidak sebanding dengan dampak negatif terhadap kesehatan.

Tembakau merupakan tanaman yang dapat menimbulkan rasa ketergantungan, sulit sekali untuk ditanggulangi dan sudah menjadi epidemi secara global yang dapat menyebabkan kecacatan, penyakit, produktivitas menurun dan kematian. Pada tembakau mengandung kurang lebih 4000 elemen dan setidaknya 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada tembakau adalah tar, nikotin dan CO, selain itu mengandung zat karsinogenik dan zat zat beracun lainnya pada batang rokok.

Pengaruh konsumsi tembakau pada status kesehatan, menyebabkan serangan jantung, stroke pada otak, COPD pada paru paru, penyakit kanker, penyakit susunan saraf pusat, kelainan pada bayi, Impotensi, Interaksi dengan obat obatan dll. Menurut WHO (World Health Organization), tembakau membunuh sekitar enam juta orang setiap tahunnya, tak hanya bagi perokok aktif, tetapi juga mereka yang terpaksa mengisap asap rokok karena berada di dekat para perokok, yang kita kenal sebagai perokok pasif

Kenyataan yang ada tentang bahaya tembakau adalah bahwa :

  • Usia mulai merokok yang setiap tahun menjadi semakin muda, dimana sekarang dapat dijumpai anak anak SD sudah mulai merokok secara diam diam.
  • Pada orang yang merokok di estimasikan 90% menyebabkan kanker paru paru pada pria, dan sekitar 70% pada wanita
  • Konsumsi rokok Indonesia setiap tahun mencapai 199 milliar batang rokok, akibatnya adalah kematian sebanyak 5 juta orang pertahun. Bila hal ini tidak bisa dicegah, maka jumlah kematian akan meningkat 2 kali mendekati 10 juta orang pertahun pada tahun 2020.
  • Indonesia menduduki peringkat ke 4 jumlah perokok terbanyak didunia dengan jumlah sekitar 141 juta orang dan konsumsi tembakau terus meningkat secara global di negara berkembang dan negara dengan pendapatan rendah.

Dengan adanya kenyataan diatas kita perlu mengingatkan akan bahaya yang ditimbulkan akibat tembakau yang perlu kita waspadai secara bersama sama dan terus menerus, dan inilah yang memunculkan gagasan Hari Tanpa Tembakau Sedunia itu Oleh sebab itu, motto yang paling ampuh adalah Jangan coba-coba mulai merokok”.

Share

Tagged under

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan 0812 8896 9622
    (Hanya WA) khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Find and Follow

Statistik Web

Today86
This week5661
This month15006
Total2685597

Who Is Online

4
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom