You are here:Beranda/Artikel/Agar Anak Gemar Membaca

Agar Anak Gemar Membaca

19/07/2011 Yulvitrawasih 2126 times Print

Pernahkah Anda bertemu dengan anak yang selalu asyik dengan buku bacaannya disetiap kesempatan?, atau sebaliknya pernahkah Anda menjumpai anak yang tidak tertarik sama sekali dengan berbagai buku bacaan?. Kedua kebiasaan tersebut tidak didapatkan serta merta, namun perlu pembiasaan sejak dini. Bila sejak kecil anak sudah diperkenalkan dengan buku-buku bacaan maka anak akan gemar membaca, begitu juga sebaliknya, bila anak tidak terbiasa dengan lingkungan yang gemar membaca, maka anakpun tidak tertarik dengan bacaan.

Seperti kita ketahui, buku merupakan jendela ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku, kita bisa menyerap banyak informasi, berkelana ke berbagai negara yang belum pernah kita datangi, keluar angkasa, bahkan ke dunia dongeng sekalipun. Intinya, dengan banyak membaca maka pengetahuan kita akan bertambah dan bertambah. Jadi, sayang bukan bila anak tidak gemar membaca, pengetahuannya tentang banyak hal akan terbatas. Nah, bagaimana caranya membuat anak kita gemar membaca?

Kenalkan buku sejak dini

Gemar membaca perlu ditanamkan sejak dini, kenalkan dengan memberikan buku-buku cerita yang cocok untuk balita yaitu buku yang memiliki banyak gambar dengan tulisan yang sedikit. Pilihkan juga gambar-gambar yang berwarna terangyang akan lebih menarik dibandingkan dengan gambar yang hitam putih. Penting juga untuk membiarkan anak untuk memilih sendiri buku yang ingin dibacanya, sehingga ia akan lebih antusias dalam membaca.

Bacakan buku cerita dengan menarik

Sediakan waktu untuk membacakan cerita-cerita dari buku, dalam membacakan cerita tersebut, usahakan untuk sehidup mungkin sehingga anak seolah-olah berada di dalam cerita tersebut. Atur nada suara dan bumbui dengan gerakan-gerakan tubuh yang berekspresi untuk membangun suasana yang hidup. Bahkan bayi pun dapat menikmati buku yang dibacakan, yaitu dari irama suara dan kehangatan tubuh pembaca yang memangkunya.

Model orang tua

Yang tidak kalah penting, orang tua harus menjadi contoh yang baik agar anak gemar membaca. Bila orang tua gemar membaca, sering terlihat membaca koran atau majalah oleh anak, menyediakan bacaan yang memadai dan mengatur suasana rumah yang mendukung untuk membaca, maka niscaya anak akan ikut gemar membaca.

Share

Tagged under

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan 0812 8896 9622
    (Hanya WA) khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Find and Follow

Statistik Web

Today38
This week3092
This month20230
Total2662427

Who Is Online

3
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom