You are here:Beranda/Artikel/Hari Ginjal Sedunia 2011

Hari Ginjal Sedunia 2011

Rabu, 09 Maret 2011 Written by Yulvitrawasih 3666 times Print

Tugas utama ginjal adalah membuang racun dan air yang berlebih dari tubuh kita. Ginjal juga membantu mengontrol tekanan darah, memproduksi sel darah merah, dan menjaga kesehatan tulang.

Tahukah anda?

setiap hari ginjal kita mengontrol dengan cermat kadar garam dan air dalam tubuh agar tekanan darah tetap seimbang.

Fungsi utama ginjal adalah untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan menyaring dan membuang sisa metabolisme dan mineral dari darah dan mengeluarkan bersama air dalam bentuk urine. Ginjal mengontrol tekanan darah yang mempunyai banyak mineral dan molekul termasuk sodium dan potassium, dan membentu mengontrol keasaman darah.

Penyakit ginjal dikenal juga dengan sebutan ‘silent killer’, karena biasanya penyakit ini sangat berpengaruh pada kualitas hidup penderitanya, dan sering berakibat pada kematian penderitanya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengurangi risiko terkena penyakit ginjal:

Terus Sehat dan Aktif

Selalu sehat akan menurunkan tekanan darah dan berarti mengurangi risiko gagal ginjal kronik

Jaga kadar gula darah normal

Hampir setengah dari penderita diabetes berkembang mengalami kerusakan ginjal, sehingga sangat penting bagi penderita diabetes untuk memeriksakan fungsi ginjalnya secara periodic. Kerusakan ginjal karena diabetes dapat di cegah jika dapat dideteksi secara dini

Monitor tekanan darah

Walaupun kebanyakan orang waspada akan risiko stroke atau serangan jantung yang diakibatkan karena tekanan darah tinggi, sedikit yang tahu bisa juga menyebabkan kerusakan ginjal. Tekanan darah yang normal adalah 120/80. Diantara kadar ini dan 129/89, Anda mungkin termasuk prehipertensi dan harus menganut pola hidup sehat dan perubahan diet. Pada 140/90 dan diatasnya, Anda harus mendiskusikan hal ini dengan dokter dan memonitor kadar tekanan darah secara teratur. Tekanan darah biasanya akan menyebabkan kerusakan ginjal bila berhubungan dengan faktor lain seperti diabetes, hiperkolesterol, penyakit kardio vaskuler.

Makan makanan yang sehat dan jaga berat badan ideal

Ini dapat membantu mencegah diabetes, penyakit jantung, dan kondisi lain yang berhubungan dengan gagal ginjal kronik. Kurangi konsumsi garam. Penggunaan garam yang dianjurkan sehari adalah 5-6 gram sehari (kurang lebih 1 sendok teh). Untuk mengurangi konsumsi garam, batasi jumlah konsumsi makanan olahan dan jangan menambah garam ke dalam makanan. Akan lebih mudah mengontrol konsumsi garam jika Anda menyiapkan makanan sendiri dengan bahan-bahan yang segar.

Jangan merokok

Merokok memperlambat aliran darah ke ginjal. Saat jumlah darah yang mencapai ginjal sedikit, akan merusak kemampuan ginjal bekerja dengan baik . Merokok juga meningkatkan kanker ginjal sampai dengan 50%.

Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi pil/tablet

Obat-obatan seperti seperti non steroid anti inflamasi seperti ibuprofen dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi teratur. Jenis obat ini mungkin tidak membahayakan ginjal secara signifikan jika ginjal relative sehat dan hanya digunakan saat emergensi saja, tapi jika Anda menderita nyeri kronis seperti arthritis atau nyeri tulang belakang, konsultasilah dengan dokter untuk mencari jalan mengontrol nyeri tanpa berisiko ke ginjal.

Cek fungsi ginjal jika Anda memiliki salah satu risiko berikut:

  • Menderita diabetes
  • Menderita hipertensi
  • obesitas
  • Satu dari keluarga Anda menderita penyakit ginjal
  • Berkebangsaan Afrika, Asia, Aborigin asli

Share

Tagged under

Ied Mubarak 1441 H

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 428-01567
    +62-21 425-0451
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi
        * 0812 1349 1516 (Hanya WA) 
        * +62-21 428-01567 Ext. 6508

    3. Aplikasi Android

        Unduh Melalui Play Store (E-Smart RS Islam Jakarta Cempaka Putih)

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today481
This week4914
This month48530
Total4160339

Who Is Online

12
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click