You are here:Beranda/Artikel/Buah dan sayur berwarna merah kaya manfaat

Buah dan sayur berwarna merah kaya manfaat

Kamis, 18 Agustus 2011 Written by Yulvitrawasih 3674 times Print

Buah-buahan dan sayuran yang ada disekitar kita sangat beraneka warna dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, baik vitamin maupun mineral. Khusus buah-buahan yang berwarna merah, umumnya mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kulit dan mata, selain itu, buah-buahan dan sayur kaya akan serat dan antioksidan untuk menjaga jantung serta membantu mencegah berbagai macam penyakit.

Berikut beberapa buah dan sayur berwarna merah serta manfaatnya:

1. Jambu biji

Buah yang dikenal dengan nama jambu batu atau jambu klutuk ini kaya akan serat, vitamin A, C, B3. Jambu biji yang memang memiliki banyak ratusan biji kecil di dalamnya juga mengandung potasium, magnesium, dan asam lemak tak jenuh ganda. Semua itu diperlukan untuk menjaga kesehatan mata, jantung, imunitas, pencernaan, dan mengatur metabolisme.

2. Apel

Apel banyak mengandung vitamin C yang penting untuk kekebalan tubuh dan penyerapan zat gizi. Seratnya baik untuk mencegah sembelit. Bagi yang sedang berdiet, apel juga bermanfaat sebagai penganjal rasa lapar karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

3. Strawberry

Buah yang yang memiliki rasa asam manis ini banyak mengandung vitamin C, K, mangan, potasium, serat, dan folat. Zat-zat itu diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium dan mengatur gula darah.

4. Semangka

Buah yang mengandung banyak air ini berisi vitamin C, B1, B6, potasium, dan magnesium. Semangka diperlukan untuk menjaga imunitas dan jantung. Juga kaya akan likopen, antioksidan kuat yang bersifat mencegah kanker.

5. Tomat

Buah tomat mengandung sekitar 20 macam vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, C, K yang baik untuk memelihara fungsi mata, kekebalan tubuh, dan regenerasi kulit. Juga kaya likopen, tembaga, folat, potasium, mangan, yang baik untuk melindungi saraf, tulang, dan mengatur kadar gula darah. Vitamin B2 di dalamnya dapat mengatasi migrain.

6. Cabai merah

Para penggemar rasa pedas tentu mengenal cabai merah. Tidak hanya sekedar member rasa pedas, cabai merah merupakan sumber vitamin A, C, B6 yang baik untuk imunitas, fungsi otak, kulit, mata, dan kekuatan otot. Juga mengandung serat, potasium, mangan dan folat. Tentunya konsumsi cabai harus tetap mengikuti aturan yang berlaku agar terhindar dari gangguan perut karena terlalu banyak mengkonsumsi cabai.

Share

Tagged under

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today1833
This week10857
This month32121
Total3439404

Who Is Online

38
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click