You are here:Beranda/Artikel/Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Rabu, 30 November 2011 Written by Yulvitrawasih 3496 times Print

Setiap orang tua pasti sangat mendambakan memiliki anak yang sehat, aktif, dan cerdas sehingga banyak yang membekali anak-anak mereka dengan berbagai macam keterampilan atau kursus yang bertujuan untuk merangsang dan meningkatkan kecerdasan otak.

Untuk merangsang kecerdasan pada anak, tidak hanya wajib kita lakukan setelah bayi lahir. Stimulasi kecerdasan pada bayi ternyata juga harus dilakukan pada saat usia kehamilan mencapai enam bulan karena pada saat itulah sel-sel otak mulai bertumbuh dengan cepat. Dan sebaiknya stimulasi-stimulasi untuk meningkatkan kecerdasan bayi kemudian dilanjutkan hingga usia bayi menginjak 3 tahun. Stimulasi sejak di dalam kandungan (usia kehamilan mencapai 6 bulan) bisa dilakukan dengan berbagai cara:

1. Mengajak bicara

Jangan malu dan segan untuk meluangkan waktu buat buah hati dengan mengajak bicara. Bicaralah dengan suara lembut, supaya janin mengenal suara ibunya yang penuh kasih sayang. Bila perlu, ajaklah sang janin untuk mengenal suara sang ayah, dengan meminta sang ayah berbicara dengan sang bayi dengan jarak yang berdekatan dengan perut ibu.

2. Mendongeng

Mendongenglah untuk sang buah hati. Aktiflah dalam berbicara supaya buah hati mengenal berbagai kosa kata baru meskipun sang bayi masih ada di dalam kandungan dan belum tahu artinya.

3. Menyanyikan

Bernyanyilah setiap hari, supaya sang buah hati bisa mendengarkan suara nyanyian itu. Nyanyian seorang ibu, dipercaya bisa menenangkan hati buah hati. Namun tentu saja, bernyanyilah lagu-lagu yang menenangkan hati.

4. Berdoa

Luangkan waktu untuk berdoa. Berdoalah dengan mengucapkan doa-doa itu, tidak hanya di dalam batin. Hal ini juga sangat penting untuk menstimulasi kecerdasan sang anak, terutama kecerdasan spiritualnya.

5. Makan-makanan Yang Bergizi

Selama bayi ada di dalam kandungan, makanlah makanan yang bergizi, terutama yang bisa memacu pertumbuhan otak sang anak. Makanan-makanan tersebut antara lain yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Juga makanan yang mengandung banyak vitamin, misalnya makanan yang mengandung vitamin B1, B6, asam folfat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, dan lain-lain. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi tentang sumber makanan tadi. Usahakan untuk tidak sembarangan memberikan multivitamin agar tidak mengganggu kesehatan fisik atau mental buah hati untuk kedepannya nanti.

6. Kurangi Stress

Ternyata, stress dapat mengganggu pertumbuhan kecerdasan sang bayi. Maka pada masa kehamilan mencapai enam bulan, janganlah terlalu banyak bekerja. Terutama hindarilah pekerjaan-pekerjaan yang bisa memacu tingkat stress. Bila merasa stress, buah hati yang masih ada di dalam kandungan pun bisa merasakannya.

7. Lakukanlah Kegiatan Yang Menyenangkan

Ibu perlu melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi Ibu dan sang buah hati. misalnya, bila Ibu gemar bermain atau mendengarkan musik, lakukanlah kegiatan ini agar merasa senang. Kegembiraan yang Ibu rasakan juga bisa memacu kecerdasan buah hati.

Share

Tagged under

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today1726
This week13170
This month34434
Total3441717

Who Is Online

5
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click