You are here:Beranda/Artikel/Awali Hari Dengan Sarapan Sehat

Awali Hari Dengan Sarapan Sehat

Sabtu, 22 Januari 2011 Written by Yulvitrawasih 2965 times Print

Sudahkah Anda sarapan hari ini?, kebanyakan orang melewatkan waktu sarapan dengan berbagai macam alasan, sebagian besar tidak sarapan karena terburu-buru atau juga sempat sarapan tapi dengan menu yang tidak sehat. Padahal sarapan sangat penting sebagai bahan bakar dasar bagi tubuh untuk beraktivitas pada hari itu. Menu sarapan pagi yang sehat dapat membantu kita menurunkan berat badan, menghindari risiko penyakit diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Menu sehat tersebut antara lain adalah sereal tinggi serat, buah-buahan, dan susu tanpa lemak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai tubuh yang lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak sarapan pagi. Sebuah penelitian lain juga menyatakan bahwa akibat tidak sarapan berkaitan dengan peningkatan risiko obesitas sebesar empat kali lipat.

Sereal berkadar serat tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit termasuk polip usus dan kanker kolon. Sereal yang baik adalah yang mengandung 6 gram serat per porsi, namun rendah gula (kurang dari 10 gram per porsi). Tambahkan susu tanpa lemak dan buah pisang, berbagai jenis buah beri, atau potongan buah apel.

Sarapan pagi yang menyehatkan bukan hanya dapat diperoleh dari sereal berkadar serat tinggi, namun perlu dilakukan pemilihan menu yang tepat. Ada beberapa jenis menu sarapan yang juga sama baiknya, misalnya roti panggang yang terbuat dari bahan gandum hitam atau whole grain, untuk margarin pilihlah yang bebas lemak-trans atau selai penurun kolesterol yang mengandung tanaman stanol. Walaupun memakan telur tidak perlu dilarang untuk sarapan pagi, namun pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang memakan lebih dari satu butir telur setiap hari mengalami risiko penyakit kardiovaskular dua kali lebih tinggi.

Demikian penting mendapatkan sarapan pagi yang sehat bukan?, jadi… selalu awali hari Anda dengan sarapan pagi!

Share

Tagged under

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) 

    3. Ext. 6507

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today3
This week4622
This month26061
Total3238391

Who Is Online

7
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Powered by inisial dotcom

X

Right Click

No right click