Bekerja dengan “NILAI”

Alhamdulillah, Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih (RSIJCP) kini telah tumbuh dan berkembang semakin besar. Namun sebuah pertanyaan yang mendasar seberapa hebatkah keahlian / profesionalitas, dan fasilitas yang benar-benar dapat menjamin sebuah rumah sakit tetap eksis dan mampu bersaing?

Sumber enegi sebenarnya bukan pada keahlian / keterampilan dan mutu layanan belaka, akan tetapi pada “value / nilai” tertentu yang diyakini “benar” dan benar-benar “diyakini”, atau dengan kata lain ruh / energy rumah sakit untuk mampu eksis dan terus berkembang. Bukan ditentukan oleh profesionalitas dan mutu layanan saja, akan tetapi lebih ditentukan oleh komitmen insan-insan-insan pada nilai-nilai tertentu yang diyakini dan diperjuangkan. Nilai-nilai tersebut akan menentukan motifasi seseorang dalam bekerja, berfikir, bersikap, dan berperilaku.

Pendidikan dan pelatihan akan sia-sia bila tidak menyentuh kesadaran yang paling dalam dari setiap pegawai yakni kesadaran akan nilai-nilai dasar hidup setiap muslim diantaranya:

  1. Hidup didunia ini hanya sementara dan semua tindakan kita akan dimintai pertanggungjawaban     oleh Allah SWT, sudah siapkah kita untuk menghadap Allah SWT? bila seseorang memiliki nilai dasar     pertama ini, maka akan berdampak tumbuhnya kesadaran untuk bekerja dengan benar-benar dan     akan menghindari sikap sembrono yang dapat menimbulkan bahaya dan akibat negatif di dunia      maupun di akhirat kelak.
  2. Bekerja bukan hanya sekedar mencari nafkah akan tetapi lebih dari itu adalah untuk memperoleh ridho Allah SWT.

Nilai dasar yang kedua akan mendorong seseorang untuk hidup dan bekerja dengan ikhlas, penuh makna dan penuh rasa cinta. Mengapa? Karena kita dengan penuh semangat melakukan segala pekerjaan karena Allah hanya melakukan pekerjaan yang disukai Allah agar Allah berkenan dan ridho/menyukai kita. Yakinkah bahwa yang kita lakukan ini membuat Allah jatuh cinta kepada kita?

Kita bersyukur di RSIJCP ini telah memiliki banyak dokter, perawat dan pegawai yang ahli dalam bidangnya. Namun apabila keahlian tersebut tidak dibingkai oleh nilai dasar tersebut, maka tidak mungkin terwujud dalam mutu layanan dan wajah kerahmatan tetapi malah akan menimbulkan keributan dan tindakan yang dapat mencemari kemuliaan islam.
Kita harus mampu mewujudkan Islam seperti yang dicita-citakan oleh KHA Dahlan (pendiri Muhammadiyah) yaitu “ISLAM YANG MURNI SEKALIGUS ISLAM YANG BERKEMAJUAN”. Islam yang murni adalah Islam yang benar-benar kembali kepada Al-Quran dan Sunnah yang muncul dari hati yang bening dan akal yang sehat (bersih dari ego dan interes pribadi) dan Islam yang berkemajuan adalah Islam yang mampu memberikan solusi/mengatasi masalah bukan Islam yang bermasalah.
Dari perspektif ini sudah seharusnya kita membersihkan diri dari niatan / motivasi dan tujuan hidup yang rendah dan salah serta menyiapkan diri tampil penuh rahmat untuk memberikan solusi problem-problem dibidang kesehatan dan dapat melakukan segala tindakan yang membuat Allah jatuh cinta (ridho) kepada kita. Mari layani pasien dengan penuh empati dan akhlak Islami.

Sehebat apapun kompetensi / profesi kita, tetaplah menjadi hamba Allah yang Tawadhu’, yang hebat bukan kita, tetapi pasien, mengapa? Karena pasien sesungguhnya adalah utusan dan kepanjangan tangan Allah yang dikirimkan kepada kita sehingga ilmu yang diberikan Allah kepada kita menjadi berarti dan melalui pasien pula Allah mengalirkan rezki-Nya kepada kita sehingga kita bias hidup layak. Jangan sakiti dan mengecewakan pasien, Sungguh Allah SWT melalui pasienlah yang menolong kita bukan kita yang menolong mereka, bila kita tidak baik, maka amat mudah bagi pasien pindah ke dokter/rs yang lain.

Bekerja Sebagai Ibadah dan Ihsan Dalam Pelayanan, adalah nilai esensial yang menjadi moto RSIJCP tersebut perlu dirumuskan dalam bentuk nilai yang mudah dipahami dan diaplikasikan dalam bekerja di RSIJCP dan dalam hidup sehari.

Wallahua'lam

Kontak Informasi

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

 

Telepon

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • +62-21 424-4208

Fax : +62-21 420-6681

 

Email : rsijpusat@rsi.co.id

Statistik

Hari ini173
Minggu ini2866
Bulan ini11595
Pengunjung2326534
Who Is Online
14
Online

Copyright © 2015. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. By inisial dotcom