Etika Mengunjungi Ibu Pasca Melahirkan

Kehadiran anggota baru dalam sebuah keluarga pastinya membawa kebahagiaan juga bagi keluarga, kerabat, dan teman lainnya, sehingga ucapan selamat melalui berbagai media atau  atau datang berkunjung secara langsung pun akan mengalir deras.

Menjenguk Ibu yang melahirkan dan melihat bayi yang baru lahir memang merupakan peristiwa yang menyenangkan. Namun ada beberapa etika yang tetap harus diperhatikan saat Kita menjenguk Ibu yang melahirkan dan bayinya, seperti yang diungkapkan sebagai berikut:

  1. Perhatikan waktu menjenguk, Kita boleh menjenguknya setelah ibu mendapat istirahat yang cukup mengingat proses persalinan yang sangat melelahkan, minimal setelah 12 jam, Ibu biasanya sudah bisa menerima kunjungan dari para sahabat dan kerabatnya. 
  2. Ketika menjenguk, ada baiknya membawa oleh-oleh atau kado untuk ibu dan bayinya. Buah-buahan, atau bunga dengan kartu ucapan, juga bisa dijadikan oleh-oleh. Bila ingin kado yang tahan lama, aneka perlengkapan bayi akan menjadi hadiah yang sangat berguna.
  3. Hindari mengunjungi ibu yang baru bersalin ketika Anda sedang sakit, terutama penyakit yang  disebabkan oleh virus yang mudah menular seperti batuk dan pilek. Karena daya tahan tubuh mereka yang masih lemah, tentunya Kita tidak menginginkan Ibu dan bayinya menderita sakit juga bukan?
  4. Sebaiknya jika ingin memegang atau menggendong bayi, pastikan tangan Kita sudah di cuci dengan sabun untuk menghindari kemungkinan terkontaminasinya bayi dengan kuman yang ada di tubuh Kita.
  5. Jika sedang mengobrol dengan sang Ibu, sebaiknya ajak ia berbincang tentang topik ringan dan menyenangkan. Biarkan Ibu baru ini bercerita bila dia mau, atau justru hormati keinginannya jika ia sedang tak mau banyak bicara.
  6. Jangan terlalu lama menjenguknya. Sang Ibu pasti senang saat Kita datang berkunjung, tetapi berempatilah padanya. Bagaimanapun ia pasti masih lelah dan membutuhkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan kondisinya.
  7. Jangan masuk beramai-ramai dalam satu ruangan. Bila berkunjung bersama-sama teman lainnya, bagilah rombongan dalam kelompok kecil dan masuklah secara bergantian.

 

Kontak Informasi

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

 

Telepon

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • +62-21 424-4208

Fax : +62-21 420-6681

 

Email : rsijpusat@rsi.co.id

Statistik

Hari ini175
Minggu ini2868
Bulan ini11597
Pengunjung2326536
Who Is Online
9
Online

Copyright © 2015. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. By inisial dotcom