Sehat dan Bugar Semasa Hamil

Kehamilan merupakan suatu anugerah bagi setiap pasangan yang mendambakan keturunan, karena tidak setiap wanita bisa hamil dengan mudah. Karena anugerah itulah maka sudah selayaknya pasangan yang mendapatkannya selalu melakukan hal-hal yang terbaik untuk kesehatan ibu dan calon bayi. Berbagai mitos dan fakta beredar dikalangan masyarakat terkait kesehatan bagi ibu dan calon bayi, mulai dari makanan atau minuman yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi, kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan, dan lain sebagainya.

Daripada ibu hamil jadi menderita  karena tak boleh makan ini dan itu, sebaiknya berfokus saja pada makanan yang sehat yang harus dikonsumsinya. Selalu memilih sayuran dan buah-buahan segar berwarna-warni untuk mendapat asupan berbagai vitamin, mineral serta serat. Untuk protein dan kalsium, sebaiknya pilih produk-produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak dan ikan sebagai sumber protein, zat besi dan asam lemak omega-3.

Ibu hamil dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun sering untuk mencegah rasa lapar yang akhirnya akan membuatIbu hamil makan dalam porsi besar. Makan sering dalam porsi kecil juga akan mengurangi keinginan ngemil biskuit, coklat, es krim dan kue-kue yang seharusnya dijauhi. 

Konsumsi air putih sesuai anjuran yaitu 2 liter perhari juga suatu keharusan bagi Ibu hamil, karena Ibu hamil butuh lebih banyak asupan cairan, dan bagi Ibu hamil yang sudah kelebihan berat badan, air putih adalah pilihan terbaik dibanding aneka minuman kemasan yang biasanya mengandung banyak gula. Singkirkan juga berbagai camilan manis, minuman manis dan kue-kue yang mengandung banyak gula dari jangkauan Ibu hamil.

Bila Ibu hamil tidak pernah berolahraga sebelum hamil, sebaiknya tidak usah memulainya saat sedang hamil. Meski demikian, cobalah untuk lebih aktif, misalnya dengan melakukan jalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari. Tak perlu langsung 30 menit, kegiatan ini bisa dimulai dengan jalan kaki selama 10 menit tiap sore misalnya, lalu perlahan-lahan tambah durasinya. Boleh juga membaginya menjadi dua sesi, 15 menit jalan kaki di pagi hari dan 15 menit lagi di sore hari.

Selalu sehat dan bugar  merupakan hal penting bagi Ibu yang sedang berada dalam masa kehamilan, sebagai salah satu jalan untuk memiliki bayi dan Ibu yang sehat selama masa kehamilan, saat proses kelahiran, dan disaat proses tumbuh kembang bayi nantinya. 

Popular Artikel

Kontak Informasi

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

 

Telepon

  • +62-21 425-0451
  • +62-21 428-01567
  • +62-21 424-4208

Fax : +62-21 420-6681

 

Email : rsijpusat@rsi.co.id

Statistik

Hari ini41
Minggu ini2357
Bulan ini18580
Pengunjung2215336
Who Is Online
2
Online

Copyright © 2015. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. By inisial dotcom